Ismail, Latip (2025) Implementasi manajemen pelayanan administrasi terhadap calon jemaah haji: Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kementerian Agama Republik Indonesia Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarsm.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (344kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) | Request a copy |
Abstract
Penyelenggaraan haji melibatkan berbagai instansindan memerlukan pelayanan yang cepat dan tranparan. Pusat Layanan Haji dan Umrah (PLHUT) diselenggarakan untuk memeberikan kemudahan dan kepastian kepada jemaah saat memperoleh layanan. Dalam hal ini, pusat layanan haji dan umrah terpadu menginttegrasikan seluruh rangkaian proses penyelenggara haji, termasuk layanan pendaftaran, layanan pelunasan, layanan pelimpahan dan layanan pembatalan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen pelayanan administrasi terhadap calon jemaah haji (Penelitain pada Pusat Layanan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia di Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2024) PLHUT. Dalam konteks penelitian ini, peneliti ingin mendalami bagaimana layanan pendaftaran, layanan pelunasan, layanan pelimpahan dan layanan pembatalan diterapkan melalui Pusat layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan dari Georg C. Edward III (1980) yang menjelaskan bahwa implementasi kebijakan dipengaruhi oleh beberapa faktor, Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi dan Struktur Birokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif , paradigma kontruktivisme dan metode studi kasus (intrinsic case study). Hasil penelitian ini menganalisis bahwa pelayanan administrasi terhadap calon jemaah haji telah diterapkan di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kementerian Agama Republik Indonesia Kabupaten Tasikmalaya. Dengn demikian, jika implementasi manajemen pelayanan administrasi terhadap calon jemaah haji dilakukan dengan memperlihatkan aspek layanan pendaftaran, layanan pelunasan, layanan pelimpahan dan layanan pembatalan, maka akan dipandang mempermudah dan mempercepat proses layananan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Impelementasi manajemen pelayanan; Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT); Peningkatan layanan |
Subjects: | Personnel Administration General Management > Planning and Strategic Management General Management > Information Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Latip Ismail Latip |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:26 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |