Pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan kualitas pengetahun agama di madrasah: Berbasis pemberdayaan masyarakat di Bojongloa Kasomalang Subang

Anggraeni, Yuli (2025) Pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan kualitas pengetahun agama di madrasah: Berbasis pemberdayaan masyarakat di Bojongloa Kasomalang Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan (11).pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. Bab 1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
Bab II (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III (11).pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Lampiran Penelitian (7).pdf

Download (800kB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan modal penting dalam pembangunan pedesaan karena mampu mengoptimalkan potensi lokal, seperti sumber daya manusia dan lembaga pendidikan keagamaan. Di Kampung Bojongloa, madrasah menjadi aset strategis yang diperkuat melalui proses pemberdayaan masyarakat, terutama dalam pengembangan kualitas pengetahuan agama. Madrasah tidak hanya berfungsi sebagai tempat pembelajaran agama, tetapi juga sebagai pusat kegiatan sosial dan spiritual yang menghubungkan masyarakat dalam satu tujuan yang sama, yaitu memperkuat nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat, peran tokoh agama dalam peningkatan kualitas pengetahuan agama di madrasah serta untuk mengetahui hasil dari pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Bojongloa terhadap peningkatan kualitas pengetahuan agama di madrasah. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori pemberdayaan masyarakat menurut Chambers (1995) menegaskan bahwa pendekatan partisipatif dan kehadiran tokoh lokal seperti pemuka agama dapat membalikkan relasi kuasa yang selama ini terpusat, sehingga masyarakat, termasuk lembaga pendidikan seperti madrasah, memiliki kemandirian dan daya tawar dalam menentukan masa depan mereka sendiri.dan Suharto (2005) yang menekankan pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam pembangunan sosial dan peningkatan kapasitas diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset aksi (action research) Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (Sisdamas) yang dilaksanakan dalam empat siklus dengan setiap pelaksanaaan siklus melibatkan unsur masyarakat, pengelola madrasah, tokoh agama, dan pemerintah desa sebagai subjek aktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama proses pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan kualitas pengetahuan agama di madrasah dilakukan melalui tahapan-tahapan partisipatif yang melibatkan identifikasi masalah, potensi, dan harapan masyarakat. Melalui proses ini masyarakt berhasil merumuskan program untuk madrasah yang lebih terarah dan berkelanjutan. Kedua, peran tokoh agama di madrasah sebagai jembatan antara madrasah dan masyarakat dalam memperkuat pendidikan agama. Ketiga, hasil dari pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan kualitas pengetahuan agama adalah menyepakati program yang diambil adalah Kolaborasi dengan Saung Tahfidz Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Madrasah; Riset Aksi; Pendidikan Agama
Subjects: Christianity > Education, Research
Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yuli Anggraeni
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:26
Last Modified: 16 Jul 2025 08:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112584

Actions (login required)

View Item View Item