Penerapan metode Flipped Classroom berbasis aplikasi Learn Qur’an dalam meningkatkan hasil belajar BTQ peserta didik: Penelitian terhadap siswa kelas VII A SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung

Munawaroh, Fitri Aminatul (2025) Penerapan metode Flipped Classroom berbasis aplikasi Learn Qur’an dalam meningkatkan hasil belajar BTQ peserta didik: Penelitian terhadap siswa kelas VII A SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar karya sendiri.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran BTQ di kelas VII A SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif, keterbatasan waktu belajar di kelas, kesulitan dalam memahami tajwid dan makharijul huruf, serta minimnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi yang mendukung latihan mandiri. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran BTQ, peneliti menggunakan metode pembelajaran Flipped Classroom berbasis Aplikasi Learn Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Penerapan metode Flipped classroom berbasis aplikasi Learn Quran dalam pembelajaran BTQ peserta didik kelas VII A di SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung, 2) Hasil belajar BTQ siswa kelas VII A SMP Mekar Arum sebelum diterapkannya metode Flipped classroom berbasis aplikasi Learn Qur’an, 3) Peningkatan hasil belajar BTQ setelah diterapkannya metode Flipped Classroom berbasis aplikasi Learn Qur’an, dan 4) Pengaruh penerapan metode Flipped classroom berbasis Aplikasi Learn Qur’an pada BTQ siswa kelas VII A Smp Mekar Arum. Menurut Bergmann & Sams (2012), metode Flipped Classroom merupakan pembelajaran yang membalik pola tradisional dengan memberikan materi terlebih dahulu di luar kelas melalui media digital, kemudian kegiatan tatap muka difokuskan pada latihan dan pendalaman. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Flipped Classroom berbasis aplikasi Learn Qur’an pada mata pelajaran BTQ di kelas VII A SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji normalitas, uji reabilitas, uji homogenitas, statistik deskriptif, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses penerapan metode Flipped Classroom berbasis aplikasi Learn Qur’an pada mata pelajaran BTQ di kelas VII A SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung berjalan dengan sangat baik, ditandai dengan meningkatnya keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar, baik di luar maupun di dalam kelas. 2) Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode Flipped Classroom menunjukkan nilai rata-rata sebesar 65 yang termasuk dalam kategori rendah, sedangkan setelah penerapan metode Flipped Classroom berbasis Aplikasi Learn Qur’an nilai rata-rata meningkat menjadi 82 dengan kategori tinggi. 3) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang, sementara kelas kontrol hanya mencapai nilai N-Gain sebesar 0,18 dengan kategori rendah. 4) Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang menunjukkan bahwa metode Flipped Classroom berbasis aplikasi Learn Qur’an berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar BTQ peserta didik. Dengan demikian, penerapan metode Flipped Classroom berbasis aplikasi Learn Quran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A pada mata pelajaran BTQ di SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom; Hasil Belajar; Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: Church History in Europe
Arithmetics > Arithmetic Combined with Other Brances
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aminatul Fitri Siti umayah
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:32
Last Modified: 17 Jul 2025 04:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112664

Actions (login required)

View Item View Item