Penerapan pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung

Nurhasanah, Nina Zakia (2025) Penerapan pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi pra-penelitian yang dilaksanakan di MI Negeri 2 Kota Bandung. Hal ini tercermin dalam hasil Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS), yang menunjukkan bahwa dari 54 siswa kelas V. Persentase siswa yang melampaui KKTP 61,11%, sedangkan persentase siswa yang di bawah KKTP 38,89%. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) mengetahui penerapan pembelajaran CIRC dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, (3) mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya pembelajaran CIRC, (4) membuktikan bahwa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, (5) mengetahui peningkatan antara kelas eksperimen dan kelas kontrolenelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran CIRC, sedangkan kelas kontrol menggunakan model Direct Instruction. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil pretest menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen 31 dan kelas kontrol 33, serta uji Mann-Whitney dengan signifikansi 0,583 (> 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan dalam keterampilan berpikir kritis awal siswa di kedua kelas. Pelaksanaan pembelajaran di kedua kelas terlaksana dengan sangat baik, ditunjukkan berdasarkan hasil observasi guru maupun siswa. Setelah perlakuan, nilai posttest di kelas eksperimen meningkat menjadi 86, dan di kelas kontrol 59. Model CIRC terbukti melalui hasil uji t-independen 0,001 (< 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang menerapkan model pembelajaran CIRC lebih baik dari pada model pembelajaran langsung. Perbandingan nilai N-Gain menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen (0,81) dan pada kelas kontrol (0,40). Dapat disimpulkan, penerapan model pembelajaran CIRC terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model CIRC; pembelajaran Bahasa Indonesia; keterampilan berpikir kritis
Subjects: Education
Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nina Zakia Nurhasanah
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:26
Last Modified: 18 Jul 2025 03:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112818

Actions (login required)

View Item View Item