Strategi peningkatan kualitas layanan haji tahun 2024: Studi kasus pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat

Hafza, Ulfa Mawaddatul (2025) Strategi peningkatan kualitas layanan haji tahun 2024: Studi kasus pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Cek Turnitin.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
Lampiran (92).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, menghadapi tantangan signifikan dalam penyelenggaraan ibadah haji, yang utamanya disebabkan oleh lonjakan jumlah pendaftar dan minat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji. Di wilayah Kabupaten Solok, terjadi peningkatan jumlah pendaftar sebesar 15% dalam tiga tahun terakhir. Kondisi ini menempatkan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok pada posisi krusial dalam meningkatkan kualitas layanan haji, seiring dengan semakin tingginya ekspektasi jemaah. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam terhadap pengalaman jemaah menjadi kunci utama untuk mengidentifikasi dan memastikan kepuasan jemaah secara substansial. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi peningkatan kualitas layanan haji tahun 2024 pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme. Selain itu penelitian ini juga menggunakan konsep “design thinking” sebagai pendekatan inovatif dalam memecahkan masalah dan merancang solusi. Dalam penelitian ini data yang dibutuhkan diambil melalui proses wawancara dengan narasumber, dokumentasi, dan pengamatan mengenai layanan haji di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan landasan teoretis yang berpijak pada teori T.Hani Handoko yang mengungkapkan bahwa strategi merupakan perencanaan yang mempunyai visi dan misi dalam menyatukan berbagai elemen sumber daya, dengan mempertimbangkan berbagai tantangan dan risiko dari lingkungan eksternal maupun internal. Rancangan strategi yang berhasil dalam mencapai tujuan yang efektif memerlukan pemanfaatan sumber daya yang optimal serta kolaborasi yang saling menguntungkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok telah mengimplementasikan berbagai strategi peningkatan kualitas layanan haji, antara lain usulan peningkatan kualitas (renovasi ruangan) dan peningkatan kualitas kinerja pegawai melalui koordinasi yang efektif. Selain itu,terdapat tiga rancangan strategis yang telah diimplementasikan secara terstruktur, yaitu penguatan fungsi pengawasan dan evaluasi, menjalin kerja sama dengan KBIHU, dan perencanaan kegiatan pra-haji yang terstruktur. Hal ini menunjukkan bahwa hasil yang signifikan dalam meningkatkan kualitas layanan kepada jemaah, dengan pengelolaan sumber daya yang efektif dan komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas layanan secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Design Thinking; Kualitas Layanan Haji; Strategi
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Ulfa Mawaddatul Hafza
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:22
Last Modified: 21 Jul 2025 08:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112941

Actions (login required)

View Item View Item