Akbar, Yundagara Nasrul (2020) Pengembangan media pembelajaran praktikum berbasis Micro Controller untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik pada materi gerak lurus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism (1).pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (379kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran praktikum berbasis mikrokontroler guna meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa pada materi gerak lurus. Oleh karena itu, dikembangkan sebuah media pembelajaran berbasis mikrokontroler yang memungkinkan siswa untuk belajar secara lebih interaktif melalui metode praktikum. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Desain penelitian ini Pre-eksperimental dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas 10 MIPA MA Miftahul Falah dengan jumlah sampe 11 orang. Instrumen yang digunakan meliputi Lembar Validasi, Lembar Observasi (LO) dan tes kemampuan berpikir analisis. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli dengan hasil skor rata-rata 90,3%, yang dikategorikan sebagai sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Implementasi media dalam tiga sesi pembelajaran menunjukkan tingkat keterlaksanaan sebesar 82%, yang mengindikasikan praktik pembelajaran yang efektif. Hasil analisis pretest dan posttest menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir analisis siswa, dengan nilai N-gain sebesar 0,49, yang dikategorikan dalam tingkat sedang. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed-Rank Test juga mengonfirmasi adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir analisis siswa setelah menggunakan media praktikum berbasis mikrokontroler. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media praktikum berbasis mikrokontroler dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika serta melatih kemampuan berpikir analisis siswa dalam pembelajaran gerak lurus. Implikasi pembelajaran menggunakan media praktikum berbasis mikrokontroler menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam proses belajar fisika dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman konsep, serta melatih kemampuan berpikir analisis secara lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Micro Controller; Praktikum; Gerak Lurus; Kemampuan Berpikir Analisis |
Subjects: | Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Yundagara Nasrul Akbar |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 01:49 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |