Strategi komunikasi pengasuh pesantren dalam memotivasi santri menghafal Al-qur'an: Studi kasus di Pondok Pesantren Amanah Ma’mun Kecamatan Cililin

Agustin, Selvia (2025) Strategi komunikasi pengasuh pesantren dalam memotivasi santri menghafal Al-qur'an: Studi kasus di Pondok Pesantren Amanah Ma’mun Kecamatan Cililin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Skripsi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK SELVIA.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LULUS PLAGIASI)
Llulus Plagiasi Selvia.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an merupakan aspek krusial dalam pendidikan pesantren, di mana komunikasi efektif dari pengasuh pesantren berperan penting dalam membangun semangat dan konsistensi santri. Namun, banyak santri mengalami penurunan motivasi akibat tekanan akademik, kejenuhan, dan kurangnya dukungan emosional. Komunikasi yang efektif dari pengasuh pesantren menjadi kunci penting untuk mengatasi kendala tersebut. Pengasuh tidak hanya berperan sebagai pendidik, tetapi juga sebagai motivator dan pembimbing. Oleh karena itu, strategi komunikasi yang tepat sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan mendukung pencapaian hafalan Al-Qur’an yang optimal di Pondok Pesantren Amanah Ma’mun Kecamatan Cililin. Fokus penelitian diarahkan pada tiga aspek utama, pengenalan karakteristik dan kebutuhan santri yang menjadi sasaran komunikasi, pemilihan media dan teknik komunikasi yang digunakan pengasuh untuk memberikan motivasi, serta evaluasi dan pemantauan keberhasilan strategi komunikasi dalam meningkatkan motivasi santri. Landasan teori yang digunakan adalah teori Strategi Komunikasi dari Effendy yang menekankan bahwa strategi komunikasi harus mengintegrasikan pemilihan pesan yang relevan, teknik penyampaian yang persuasif, serta penggunaan media yang efektif untuk mencapai pemahaman, penerimaan, dan motivasi tindakan dari audiens. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendalami strategi komunikasi pengasuh dalam memotivasi santri menghafal Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh Pondok Pesantren Amanah Ma’mun berhasil menerapkan strategi komunikasi yang bersifat interpersonal, persuasif, dan motivasional melalui berbagai metode seperti ceramah, diskusi, dan pendekatan personal. Strategi komunikasi ini efektif dalam membangun kedekatan emosional dan kepercayaan antara pengasuh dan santri, sehingga mampu meningkatkan motivasi internal santri secara berkelanjutan. Selain itu, evaluasi dan pemantauan yang dilakukan pengasuh secara berkala juga berkontribusi dalam menjaga konsistensi dan perkembangan motivasi santri dalam menghafal AlQur’an. Temuan ini memberikan kontribusi akademis dalam pengembangan ilmu komunikasi dakwah serta manfaat praktis sebagai referensi bagi pengasuh pesantren dan lembaga pendidikan Islam dalam merancang komunikasi motivasional yang efektif untuk pembinaan hafalan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi; motivasi santri; pengasuh pesantren
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Selvia Agustin
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:11
Last Modified: 29 Jul 2025 02:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113593

Actions (login required)

View Item View Item