Kamila, Widya Hasanah (2025) Jaringan ulama alumni Pondok Pesantren Al-Basyariyah Kabupaten Bandung tahun 1979 – 2010. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (294kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memiliki dampak yang signifkan sehingga membawa perubahan dalam pola belajar dan interaksi sosial seorang anak, sementara sistem pendidikan formal semakin berkembang pesat. Hal ini menuntut pesantren untuk terus beradaptasi agar tetap relevan dan mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Sama halnya seperti yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Al-Basyariyah. Berdasarkan permasalahan tersebut, dapat dirumuskan pertanyaan sebagai berikut : pertama, bagaimana eksistensi dan perkembangan Pondok Pesantren Al-Basyariyah Kabupaten Bandung tahun 1979 - 2010. Kedua, bagaimana jaringan Ulama alumni Pondok Pesantren Al-Basyariyah Kabupaten Bandung tahun 1979 – 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pertama, eksistensi dan perkembangan Pondok Pesantren Al-Basyariyah Kabupaten Bandung tahun 1979 - 2010. Kedua, jaringan Ulama alumni Pondok Pesantren Al-Basyariyah Kabupaten Bandung tahun 1979 – 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah, yaitu dengan cara merekontruksi peristiwa yang telah terjadi di masa lampau berdasarkan sumber - sumber yang ada, dengan melakukan empat tahapan yaitu: heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Dari hasil penelitian dapat dikemukakan, bahwa Pondok Pesantren Al-Basyariyah mulai didirikan pada awal abad ke-20 oleh Drs KH. Buya Saeful Azhar. Pesantren ini berdiri di atas dan untuk semua golongan. Seiring dengan perkembangannya, Pondok Pesantren Al-Basyariyah kini telah memiliki empat kampus yang tersebar di lokasi berbeda, dan terus menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan Islam yang berpengaruh. Dalam perjalanannya, pesantren ini telah berkontribusi besar dalam mencetak kader-kader ulama yang telah banyak berkiprah luas di berbagai sektor kehidupan. Selama dari tahun 1979 sampai dengan tahun 2010 setidaknya telah terbentuk empat jaringan ulama alumni Pondok Pesantren Al-Basyariyah, yaitu pertama, jaringan ulama alumni pondok Pesantren Al-Basyariyah yang bergerak dalam bidang pendidikan; kedua, jaringan ulama alumni Pondok Pesantren Al-Basyariyah yang bergerak dalam bidang dakwah; ketiga, jaringan ulama alumni Pondok Pesantren Al-Basyariyah yang bergerak dalam bidang sosial-keagamanan; dan keempat, jaringan ulama alumni Pondok Pesantren Al-Basyariyah yang bergerak dalam bidang ekonomi. Jaringan ini menjadi wadah penting yang menghimpun para alumni dengan tujuan memperkuat silaturahmi keilmuan, memperluas pengaruh social dan meningkatkan kontribusi nyata di tengah masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jaringan; Pesantren; Buya; Kiprah; Pendidikan; Dakwah |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Widya widya mila |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:54 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |