Tanggapan siswa terhadap penerapan metode dialog hubungannya dengan sikap disiplin mereka pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti: penelitian korelasional pada siswa kelas VIII SMPN 2 sukaresmi Kabupaten Cianjur

Amalia, Hilya Fitri (2025) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode dialog hubungannya dengan sikap disiplin mereka pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti: penelitian korelasional pada siswa kelas VIII SMPN 2 sukaresmi Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti. Padahal, guru telah menerapkan metode dialog yang dikenal dapat menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Metode ini seharusnya mendorong siswa untuk lebih aktif bertanya, berdiskusi, serta terlibat dalam proses belajar. Namun dalam praktiknya, masih banyak siswa yang terlihat pasif, kurang fokus, dan tidak menunjukkan antusiasme dalam mengikuti pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) tanggapan siswa terhadap penerapan metode dialog pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti; 2) minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti; 3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan metode dialog dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VIII SMPN 2 Sukaresmi. Penelitian ini menggunakan kerangka berpikir Jeome Bruner dalam teori konstruktivisme yang menyatakan bahwa minat belajar siswa dapat tumbuh dari situasi belajar yang menekankan pada rasa ingin tahu dan partisipasi aktif. Berdasarkan teori tersebut, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin baik tanggapan siswa terhadap metode dialog, maka semakin tinggi pula minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional untuk mengetahui hubungan antara dua variabel utama. Pengumpulan data dilakukan melalui angket skala Likert sebagai instrumen utama untuk memperoleh data kuantitatif, serta dilengkapi dengan observasi dan wawancara sebagai data pendukung. Analisis data mencakup uji normalitas dan linearitas untuk memenuhi asumsi statistik, dilanjutkan dengan uji korelasi Pearson dan regresi linear sederhana guna mengetahui tingkat hubungan dan pengaruh antarvariabel. Seluruh proses pengolahan data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) tanggapan siswa terhadap penerapan metode dialog termasuk kedalam kategori baik, dengan skor rata-rata 3,66 yang ada pada interval 3,40-4,19; 2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti termasuk dalam kategori tinggi, dengan rata-rata skor 4,05 yang ada pada interval 3,40-4,19; 3) Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara variabel X dan Y (r = 0,568; sig < 0,001), dengan interval 0,40-0,50 yang termasuk kategori cukup . Selanjutnya, uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,571 dan nilai t hitung sebesar 4,976 > t tabel 2,00665, besarnya pengaruh variabel X terhadap Y 32,6% dan sebanyak 67,4% dipengaeuhi oleh faktor lain. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X dan Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode dialog; tanggapan siswa; minat belajar; PAI dan budi pekerti
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hilya Fitri Amalia
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:44
Last Modified: 11 Aug 2025 04:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114491

Actions (login required)

View Item View Item