Agustin, Restiana (2025) Metode Kumon berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis dan Self Regulated Learning. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
COVER.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (645kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
Abstract
Metode Kumon menekankan latihan bertahap dan penguatan konsep-konsep dasar dalam mengembangkan pemahaman matematika. Google Classroom efektif sebagai media pendukung untuk membagikan materi, pengumpulan tugas. Namun, secara empiris, siswa mengalami kesulitan dalam memahami kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran metode kumon berbantuan Google Classroom dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis dan Self Regulated Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan sampel penelitian sebanyak tiga kelas di kelas IX SMPN 51 Bandung. Penentuan sampel tersebut ditentukan melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui lembar validasi, assessment authentic, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pretest, posttest, pre-angket dan post-angket. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Desain pembelajaran dengan metode kumon berbantuan Google Classroom dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, (b) Lintasan proses pembelajaran antara siswa yang belajar dengan Metode Kumon berbantuan Google Classroom dan Metode Kumon berjalan dengan sangat baik, (c) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa dengan pembelajaran Metode Kumon berbantuan Google Classroom, pembelajaran Metode Kumon, dan pembelajaran konvensional, (d) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan gender (laki-laki dan perempuan), (e) Tidak terdapat perbedaan peningkatan self regulated learning, (f) Hambatan dan kesulitan siswa yaitu pada indikator menyatakan ulang konsep secara verbal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Kumon; Google Classroom; Pemahaman Konsep Matematis, Self Regulated Learning |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Restiana Agustin |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:15 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |