Sahal, Eska Hifdiyah (2025) Manajemen supervisi akademik kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru: Penelitian di sekolah menengah atas Islam terpadu Insan Sejahtera Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_COVER.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
3_LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
4_ABSTRAK.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
5_DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
6_BAB I.pdf Download (371kB) | Preview |
|
![]() |
Text
7_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
12_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Insan Sejahtera Sumedang. Profesionalitas guru menjadi faktor kunci dalam peningkatan mutu pendidikan, yang di antaranya dapat ditingkatkan melalui kegiatan supervisi akademik yang terencana, terorganisasi, terimplementasi dengan baik, dan dievaluasi secara sistematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Fokus penelitian mencakup empat aspek utama supervisi akademik, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan supervisi dilakukan secara sistematis dengan menyusun program supervisi berdasarkan kebutuhan dan kondisi guru; (2) Pelaksanaan supervisi berjalan dengan pendekatan individual maupun kelompok melalui teknik observasi kelas, diskusi, dan pembinaan berkelanjutan; (3) Pengorganisasian supervisi dilakukan dengan membentuk tim kerja yang kooperatif dan bertanggung jawab; dan (4) Evaluasi supervisi dilakukan secara berkala dengan memberikan umpan balik sebagai upaya perbaikan berkelanjutan terhadap kinerja guru. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen supervisi akademik yang efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalitas guru, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya peningkatan kapasitas kepala sekolah dalam bidang supervisi akademik sebagai upaya strategis dalam pengembangan mutu pendidikan. Kata kunci: Manajemen supervisi akademik, profesionalitas guru, kepala sekolah, mutu pendidikan, SMA IT Insan Sejahtera Sumedang ________________________________________ . ENGLISH: This study aims to describe the management of academic supervision carried out by the principal in an effort to improve teacher professionalism at Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Insan Sejahtera Sumedang. Teacher professionalism is a key factor in enhancing the quality of education, which can be improved through well-planned, organized, properly implemented, and systematically evaluated academic supervision activities. This research employs a qualitative approach using a case study method. Data collection techniques include observation, in-depth interviews, and documentation. The focus of the study includes four main aspects of academic supervision: planning, implementation, organization, and evaluation carried out by the principal for teachers. The findings indicate that: (1) Supervision planning is conducted systematically by developing a supervision program based on the needs and conditions of the teachers; (2) The implementation of supervision takes place through both individual and group approaches, including classroom observation, discussion, and ongoing mentoring; (3) The organization of supervision involves the formation of cooperative and responsible working teams; and (4) Supervision evaluation is conducted regularly by providing feedback as a continuous improvement effort on teacher performance. The implications of this study suggest that effective academic supervision management can enhance the quality of teaching and teacher professionalism, ultimately contributing positively to the achievement of educational goals at school. This study recommends strengthening principals’ capacity in academic supervision as a strategic effort to improve education quality.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen supervisi akademik |
Subjects: | Education and Research of Literatures |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Eska Hifdiyah Sahal |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:10 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 02:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |