Shohib, Imtiyaz (2025) Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan jemaah umrah: Penelitian pada KBIHU Thuba Kabupaten Bandung tahun 2023-2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
![]() |
Image
3_Keterangan bebas plagiarism.jpg Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
|
Text
4_Daftar isi.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
5_Bab I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan jemaah dalam ibadah umrah berkaitan erat dengan harga dan kualitas pelayanan yang diberikan. Harga yang terjangkau serta pelayanan yang baik dapat mendorong jemaah untuk membangun hubungan jangka panjang dengan perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menjaga kualitas layanan yang kuat guna meningkatkan kepuasan jemaah dan mendukung tercapainya visi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan jemaah umrah di KBIHU Thuba Kabupaten Bandung Tahun 2023-2024. Penelitian ini berlandaskan pada teori harga yang dikemukakan oleh Kotler & Armstrong yang menjelaskan bahwa dimensi harga yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga, kesesuaian harga dengan manfaat, dan harga merupakan pernyataan nilai dari suatu produk. Adapun teori kualitas pelayanan menurut J. Supranto yang mencakup bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan perhatian. Dan teori kepuasan menurut Gultom adalah kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali, kesediaan merekomendasikan dan tetap setia. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian berjumlah 178 orang, dengan sampel sebanyak 45 orang yang ditentukan berdasarkan teori Arikunto. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji F, uji T, analisis regresi linier berganda, serta uji koefisien determinasi. Data yang dikumpulkan merupakan data primer yang diperoleh langsung dari responden melalui kuesioner. Berdasarkan teori harga dan kualitas pelayanan, analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Secara parsial, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan jemaah umrah KBIHU Thuba Kabupaten Bandung, karena nilai t hitung (11.530) lebih besar dari t tabel (2.018) dengan tingkat signifikansi 0.000 (< 0.05). (2) Kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan jemaah, ditunjukkan oleh t hitung sebesar 9.629 yang lebih besar dari t tabel (2.018), serta nilai signifikansi 0.000 (< 0.05). (3) Secara simultan, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan jemaah, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 48.489 yang melebihi F tabel (3.220). Koefisien determinasi menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 69.8% terhadap kepuasan jemaah, sedangkan sisanya sebesar 30.2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga; Kualitas pelayanan; dan Kepuasan jemaah |
Subjects: | Islam Islam > Islam and Economics Islam > Mecca Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Shohib Imtiyaz |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:44 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 03:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |