Pengaruh manajemen pendidikan karakter terhadap akhlak peserta didik: Penelitian di SMK Cendikia Paseh

Alwy, Nandang Alirohmat (2025) Pengaruh manajemen pendidikan karakter terhadap akhlak peserta didik: Penelitian di SMK Cendikia Paseh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK KARYA ILMIAH)
SK KARYA ILMIAH.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)

Abstract

Setiap peserta didik memiliki potensi dan karakter yang unik, yang perlu dibentuk dan dikembangkan tidak hanya melalui pembelajaran akademik, tetapi juga melalui penanaman nilai-nilai moral dan etika secara konsisten. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan manajemen pendidikan karakter yang terencana, sistematis, dan berkelanjutan. Melalui penerapan manajemen pendidikan karakter yang baik, sekolah memiliki peran strategis dalam membentuk akhlak mulia peserta didik. Pelaksanaan manajemen ini memiliki peluang besar untuk terus ditingkatkan melalui optimalisasi kurikulum, keteladanan guru, serta penciptaan budaya sekolah yang positif, sehingga dapat berkontribusi nyata dalam membentuk sikap, perilaku, dan kepribadian peserta didik yang berakhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen karakter pendidikan diterapkan, bagaimana kondisi akhlak peserta didik, serta menganalisis pengaruh manajemen pendidikan karakter terhadap akhlak peserta didik di SMK Cendikia Paseh. Kerangka berpikir dalam penelitian ini mengacu pada teori manajemen karakter pendidikan serta teori akhlak Islam, dengan hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara manajemen karakter pendidikan terhadap akhlak peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X dan XI dengan sampel berjumlah 63 orang menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter berada dalam kategori cukup, begitu pula akhlak peserta didik. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara manajemen pendidikan karakter terhadap akhlak peserta didik, dengan kontribusi sebesar 46,1%, sedangkan sisanya 53,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Hal ini mengindikasikan bahwa penguatan manajemen pendidikan karakter secara sistematis dan berkelanjutan sangat penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pembentukan akhlak mulia peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan Karakter; Akhlak; Peserta Didik
Subjects: Education
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nandang al Alwy Alwy
Date Deposited: 20 Aug 2025 02:54
Last Modified: 20 Aug 2025 02:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/115418

Actions (login required)

View Item View Item