Nahdiyah, Ainun (2018) Peran Pesantren Yatim Al-Hilal dalam Pemberdayaan Sumber Daya Anak Yatim di Pesantren Yatim Al-Hilal Rancapanggung-Cililin Kab. Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (389kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
Abstract
Anak yatim adalah fenomena sosial yang selalu ada di masyarakat baik masyarakat maju maupun negara berkembang. Disetiap daerah selalu ada anak yatim yang membutuhkan pendidikan, penghidupan dan lain-lain, ironisnya mereka masih kurang mendapatkan bantuan secara sistematis dan terpadu dari pemerintah ataupun lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program kerja, kendala-kendala, peran, tingkat keberhasilan, dan implementasi program yang dilakukan oleh Pesantren Yatim Al-Hilal dalam pemberdayaan sumber daya anak yatim dengan membangun partisipasi masyarakat yang peduli terhadap anak-anak yatim yang terlantar. Tempat penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu di Pesantren Yatim Al-Hilal Desa Rancapanggung Kec. Cililin Kab. Bandung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi, observasi dan wawancara. Karena penelitian ini bersifat kualitatif, maka data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan memilih dan mengklasifikasikan data tersebut supaya mempermudah dalam penarikan kesimpulan. Untuk menganalisis penelitian ini, maka penulis menggunakan teori Carver dan Clatter Back (1995: 12) yang mengemukakan bahwa pemberdayaan adalah upaya memberi keberanian dan kesempatan pada individu untuk mengambil tanggung jawab perorangan guna meningkatkan dan memberikan kontribusi pada tujuan organisasi. Dalam pemberdayaan yang dilakukan oleh Pesantren Yatim Al-Hilal ini yaitu dengan adanya pemberdayaan bagi sumber daya anak yatim dengan pembentukan karakter santri yang ditopang melalui tahfidz qur’an, dan memberikan pelayanan bagi anak yatim agar bisa bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Tujuannya agar anak-anak yatim bisa menjadi orang yang bermanfaat ketika mereka sudah terjun ke masyarakat dan tidak lagi menjadi beban bagi orang tuanya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap Pesantren Yatim Al-Hilal ini, penulis menemukan hasil bahwa pemberdayaan terhadap anak yatim yang dilakukan oleh pesantren Al-Hilal dengan memberikan pengembangan sumber daya manusia dengan meningkatkan pengetahuan baik sosial maupun agama, dengan memenuhi kebutuhan hidup bagi anak yatim sebagai wujud terjaminnya keberhasilan anak yatim dalam meraih cita-citanya dan bisa berguna bagi bangsa, dan negara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesantren; Pemberdayaan; Anak Yatim |
Subjects: | Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Ainun Nahdiyah |
Date Deposited: | 24 Jul 2018 03:13 |
Last Modified: | 24 Jul 2018 03:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11570 |
Actions (login required)
View Item |