Ruhendi, Davia Risniawati (2025) Pembuatan multimedia interaktif electrostoryline berorientasi literasi kimia pada materi penyepuhan logam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (312kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Praktikum electroplating memiliki peran penting dalam pembelajaran kimia di SMA karena dapat membantu siswa memahami konsep redoks dan penerapannya dalam kehidupan nyata secara lebih konkret dan kontekstual. Namun, di banyak sekolah, pelaksanaan praktikum electroplating masih menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan alat, bahan kimia, dan fasilitas laboratorium, serta terbatasnya waktu praktik dalam kurikulum yang menyebabkan siswa kurang mendapatkan pengalaman belajar yang utuh. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan multimedia interaktif yang dapat memudahkan siswa memahami materi electroplating serta melakukan simulasi yang dapat diakses dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan tampilan, menganalisis hasil uji validasi dan hasil uji kelayakan multimedia interaktif electrostoryline berorientasi literasi kimia pada materi penyepuhan logam. Penelitian ini menggunakan metode Design Based Research (DBR) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Impelentation, Evaluation). Pada penelitian ini haya melalui tahap analisis, perancangan dan pengembangan. Instrumen yang digunakan berupa flowchart, storyboard, lembar uji validasi, dan lembar uji kelayakan. Tampilan multiimedia interaktif electrostoryline terdiri dari halaman utama, tujuan pembelajaran, menu materi, simulasi, dan evaluasi. Hasil uji validasi memperoleh nilai rata-rata rhitung dari semua aspek sebesar 0,86, hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif electrostoryline berorientasi literasi kimia pada materi penyepuhan logam dikategorikan valid dengan interpretasi tinggi. Sedangkan hasil uji kelayakan nilai rata-rata persentase dari semua aspek diperoleh sebesar 94,25%, hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif electrostoryline berorientasi literasi kimia pada materi penyepuhan logam sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif; electroplating; literasi kimia; media pembelajaran; model ADDIE |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Chemistry and Allied Science > Chemists Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry Inorganic Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Davia Risniawati R |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 02:22 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 02:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |