Pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadapat pengembangan soft skill peserta didik : Penelitian di SDN Pelangi 02 Majalaya

Rizki, Rizki (2025) Pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadapat pengembangan soft skill peserta didik : Penelitian di SDN Pelangi 02 Majalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
lembar pernyataan (2).pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6_BAB3.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
Penelitian PIAUD 1182100002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum pendidikan di Indonesia terus berkembang, mulai dari Kurikulum Berbasis Kompetensi hingga Kurikulum Merdeka yang diperkenalkan pada tahun 2021. Kurikulum Merdeka hadir untuk memberikan fleksibilitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dengan fokus pada penguatan karakter dan Soft Skill melalui pendekatan berbasis proyek. Namun, implementasi kurikulum ini masih menghadapi tantangan, seperti kesiapan guru dan dominasi pembelajaran hard skill. Padahal, pengembangan Soft Skill seperti komunikasi, kerja sama, dan empati sangat penting untuk meningkatkan daya saing siswa di era global. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen Kurikulum Merdeka dalam pengembangan Soft Skill peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui manajemen kurikulum merdeka di SDN Pelangi 02 Majalaya. Untuk mengetahui Soft Skill peserta didik di SDN Pelangi 02 Majalaya.Untuk mengetahui pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadap Soft Skill peserta didik di SDN Pelangi 02 Majalaya. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif analitik yang dipadukan dengan metode korelasional. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 53 siswa dan 1 guru kelas 4 yang merupakan keseluruhan sampel dalam penelitian. Proses pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil uji validitas pada instrumen penelitian menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Uji reliabilitas menunjukkan hasil yang memadai, dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,879 untuk manajemen kurikulum dan 0,815 untuk Soft Skill. Pengujian normalitas menunjukkan bahwa X dan Y berdistribusi normal, dengan uji linearitas variabel X dan Y menunjukkan hubungan linear (0,868 > 0,05). Analisis regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan manajemen Kurikulum Merdeka terhadap pengembangan Soft Skill peserta didik. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,852 menunjukkan bahwa 85,2 % variasi dalam Soft Skill dapat dijelaskan oleh variabel manajemen kurikulum, sedangkan sisanya 14,8 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum Merdeka
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: RIZKI FIRMANSYAH YUYU
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:32
Last Modified: 01 Sep 2025 08:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116703

Actions (login required)

View Item View Item