Mahmudin, Sifa (2025) Hubungan kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn kelas IV di Madrasah Ibitidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (ABSRTAK)
2_Abstrak.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (441kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sifa Mahmudin (1212090165) “Hubungan Kepercayan Diri Siswa dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV di Madarasah Ibtidaiyah”. Skripsi, Pendidikan Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki Tingkat kepercayaan diri yang rendah, hasil studi pendahuluan yang dilakukan dengan Teknik wawancara Bersama guru wali kelas IV MI Matla’ula Atfal, dari 17 peserta didik hanya terdapat 40% yang memiliki Tingkat kepercayaan diri dengan kategori tinggi, dan 60% memiliki Tingkat kepercayaan diri dengan kategori sedang. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa di kelas IV di MI, 2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN di MI, 3) Mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran PPKN di MI, 4) Mengetahui pengaruh tingkat kepercayaan diri siswa Terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PPKN di MI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif denga menggunakan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksankan pada peserta didik kelas IV di MI Matla’ul Atfal Kota Bandung yang terdiri dari 17 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggukan teknik angket, tes soal dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Tingkat kepercayaan diri peserta didik MI Matla’ul Atfal menenjukan hasil 41% dengan kategori tinggi, 2) hasil belajar peserta didik MI Matla’ul Atfal menunjukan hasil 70% dengan kategori sangat tinggi, 3) hubungan kepercayaan diri terhadap hasil belajar pada kelas IV dalam Kategori Kuat. Hal ini ditunjukan pada hasil uji korelasi dengan nial Pearson Correlation rhitung sebesar 0,631 dan nilai signifikansi sebesar 0,007. Maka 0,007 < 0,05 sehingga H0 ditolak H1 diterima artinya terdapat hubungan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Matla’ul Atfal, 4) pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar. Kontribusi kepercayaan diri terhadap hasil belajar mencapai 39,8%, sedangkan 60,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti suasana belajar dan lingkungan sekolah. Temuan ini membuktikan bahwa kepercayaan diri siswa berperan penting dalam pencapaian hasil belajar PPKn.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepercayaan Diri ; Hasil Belajar |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sifa Mahmudin |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 04:35 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 04:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116815 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |