Zakiyyah, Maulida Azhar (2025) Penerapan lembar kerja berbasis masalah pada pembuatan mentega dengan antioksidan alami untuk mengembangkan kemampuan scientific explanation. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (409kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran kimia, peserta didik diharapkan dapat memiliki pemahaman yang baik dan menyeluruh terhadap berbagai konsep kimia. Perhatian utama saat ini cenderung terpusat pada aspek kognitif yang mengakibatkan menurunnya kemampuan peserta didik dalam menerapkan logika untuk memahami fenomena yang terjadi di sekitar, sehingga akan berdampak pada kemampuan scientific explanation peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan scientific explanation melalui penerapan Lembar Kerja berbasis masalah pada pembuatan mentega antioksidan alami. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penerapan metode pre-experimental dengan desain one shot case study pada mata kuliah Kimia Aditif dan Adiktif. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, lembar kerja berbasis masalah dan lembar penilaian kemampuan scientific explanation. Hasil menunjukkan bahwa selama pembelajaran peserta didik memperoleh nilai rata-rata 87 kategori sangat baik sementara pengerjaan lembar kerja dengan rata-rata 84 serta pengerjaan soal kemampuan scientific explanation dengan rata-rata 78 yang masing-masing terkategori baik serta standar deviasi sebesar 8,19 yang menunjukkan pencapaian peserta didik berada pada kategori tinggi. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan lembar kerja berbasis masalah dapat menjadi solusi untuk mengembangkan kemampuan scientific explanation melalui keterlibatan aktif dalam menyelesaikan masalah kontekstual, menyusun argumen serta mengaitkan konsep kimia dengan data dan bukti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan scientific expalantion; lembar kerja berbasis masalah; mentega antioksidan |
Subjects: | Elementary Education > Science for Elementary Education Higher Education, Universities > Higher Education in Indonesia Procedures, Equipment of Chemistry Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics Technology of Industrial Chemicals > Organic Chemicals Technology of Other Organic Products > Agricultural Chemical |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maulida azhar zakiyyah |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:33 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |