Arafah, Arini Nur (2025) Model pembelajaran Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, and Extending (RICOSRE) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIRISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (599kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam menghadapi permasalahan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan tersebut masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan menganalisis efektivitas model pembelajaran Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, and Extending (RICOSRE) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Pacet. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model RICOSRE terlaksana dengan sangat baik. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model RICOSRE lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Selain itu, pencapaian akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen juga lebih baik. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan model RICOSRE menunjukkan tanggapan yang positif, ditunjukkan oleh ketertarikan siswa dalam mengikuti setiap tahapan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematis; model pembelajaran RICOSRE; respon siswa |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Arini Nur Arafah |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 04:07 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 04:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/116994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |