Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa

Dilviana, Nyimas (2025) Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Plagiarism.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (59).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan media augmented reality (AR) pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA MAN 2 Garut dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Kelas eksperimen menerapkan model PBM berbantuan AR, sedangkan kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik (5M). Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes berpikir kritis, dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran PBM berbantuan AR mencapai rata-rata 94,74% (sangat baik). Rata-rata N-Gain berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 0,61 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,37 (kategori sedang). Hasil uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelas (Sig. 0,000 < 0,05). Rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 85,50 (kategori sangat tinggi), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 73,75 (kategori tinggi). Dengan demikian, pembelajaran PBM berbantuan AR terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality; Berpikir Kritis; Motivasi Belajar; Pembelajaran Berbasis Masalah; Sistem Pernapasan
Subjects: Biology
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dilviana Nyimas
Date Deposited: 02 Sep 2025 08:17
Last Modified: 02 Sep 2025 08:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117247

Actions (login required)

View Item View Item