Dilviana, Nyimas (2025) Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Plagiarism.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (168kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
![]() |
Text
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (59).pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan media augmented reality (AR) pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA MAN 2 Garut dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Kelas eksperimen menerapkan model PBM berbantuan AR, sedangkan kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik (5M). Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes berpikir kritis, dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran PBM berbantuan AR mencapai rata-rata 94,74% (sangat baik). Rata-rata N-Gain berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 0,61 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,37 (kategori sedang). Hasil uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelas (Sig. 0,000 < 0,05). Rata-rata motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 85,50 (kategori sangat tinggi), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 73,75 (kategori tinggi). Dengan demikian, pembelajaran PBM berbantuan AR terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality; Berpikir Kritis; Motivasi Belajar; Pembelajaran Berbasis Masalah; Sistem Pernapasan |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Dilviana Nyimas |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 08:17 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 08:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |