Peran orang tua dalam mengatasi ketidaksetaraan gender dalam akses pendidikan : Penelitian di Desa Cipinang Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta

Sukma, Adinda (2025) Peran orang tua dalam mengatasi ketidaksetaraan gender dalam akses pendidikan : Penelitian di Desa Cipinang Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kedudukan perempuan sering dianggap lebih rendah dari laki-laki sehingga haknya dalam meraih akses pendidikan kerap kali dihalangi. Beberapa tahun terakhir di Desa Cipinang persepsi tersebut perlahan mulai berubah, orang tua disinyalir berperan penting dalam mengatasi ketidaksetaraan gender dalam akses pendidikan yang terjadi di Desa Cipinang.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi ketidaksetaraan gender di Desa Cipinang Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Kedua, untuk mengetahui peran orang tua dalam mengatasi ketidaksetaraan gender di Desa Cipinang Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Ketiga, untuk mengetahui faktor pendorong kesetaraan gender di Desa Cipinang Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Teori Strukturasi Anthony Giddens digunakan untuk peran orang tua dalam mengatasi ketidaksetaraan gender dalam akses pendidikan. Dalam melihat perubahan struktur yang telah ada, Giddens menggunakan pandangan dualitas Struktural bahwa agen dan struktur merupakan dua komponen yang saling mempengaruhi secara dialektis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Wawancara dengan Orang Tua, Pemerintah Desa Cipinang, dan Masyarakat Setempat digunakan sebagai sumber data primer. Untuk data sekunder menggunakan buku, artikel, dan dokumentasi. Tekik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data melewati tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan peran orang tua dalam mengatasi ketidaksetaraan gender dalam akses pendidikan di Desa Cipinang ialah dengan mengubah anggapan bahwa hanya laki-laki saja yang dapat sukses dalam karir, memberikan dukungan biaya pendidikan, dan memenuhi kebutuhan emosioanal anak dengan memberikan motivasi dan apresiasi. Meningkatknya anak perempuan yang menempuh pendidikan tinggi terjadi karena pola pikir masyarakat yang berubah, kondisi zaman yang mendukung akses kesetaraan kerja, dan jangkauan fasilitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akses Pendidikan; Kesetaraan Gender; Strukturasi
Subjects: Social Process
Social Groups > Gender
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Adinda Sukma
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:03
Last Modified: 04 Sep 2025 07:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117576

Actions (login required)

View Item View Item