Pembelajaran deep learning dengan game edukasi digital prodigy untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis dan curiosity siswa

Rahmadani, Rahmadani (2025) Pembelajaran deep learning dengan game edukasi digital prodigy untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis dan curiosity siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Surat Keterangan Cek Plagiasi Rahmadani (1).pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Deep learning berbasis meaningful, mindful, dan joyful learning meningkatkan mutu pembelajaran lewat partisipasi aktif, refleksi, relevansi materi, dan pengalaman belajar yang menyenangkan. Namun sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep tersebut. Penelitian bertujuan untuk menaganalisis pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran Deep learning berdasarkan gender. Metode penelitian quasi eksperimen melibatkan tiga kelas, salah satu SMA di kota Tangerang, terdiri dari kelas X-H sebagai kelas eksperimen I dengan pembelajaran deep learnig dengan Game edukasi digital Deep learning, kelas X-J sebagai kelas eksperimen II dengan pembelajaran deep learnig, dan kelas X-I sebagai kelas kontrol pembelajaran konvensional. Instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (a) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen I dan II lebih baik daripada siswa di kelas kontrol; (b) Tidak adanya perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa perempuan dan laki-laki, baik itu dikelas eksperimen maupun kelas kontrol; (c) Terdapat perbedaan peningkatan Curiosity siswa pada pembelajaran matematika sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran Deep learning dengan Game edukasi digital Deep learning. Pembelajaran Deep learning membantu pendidik dan siswa mengkonstruksi konsep abstrak melalui media, menyelesaikan masalah non-rutin, serta mendorong aktivitas belajar tinggi, terutama bagi siswa dengan gaya belajar auditori, kinestetik, dan visual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Curiosity; Deep learning; Pemahaman Konsep Matematis; Deep learning
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahmadani Rahmadani Rahmadani
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:18
Last Modified: 08 Sep 2025 03:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117588

Actions (login required)

View Item View Item