Rahmadani, Rahmadani (2025) Pembelajaran deep learning dengan game edukasi digital prodigy untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis dan curiosity siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
COVER.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
Surat Keterangan Cek Plagiasi Rahmadani (1).pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (676kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (932kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Deep learning berbasis meaningful, mindful, dan joyful learning meningkatkan mutu pembelajaran lewat partisipasi aktif, refleksi, relevansi materi, dan pengalaman belajar yang menyenangkan. Namun sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep tersebut. Penelitian bertujuan untuk menaganalisis pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran Deep learning berdasarkan gender. Metode penelitian quasi eksperimen melibatkan tiga kelas, salah satu SMA di kota Tangerang, terdiri dari kelas X-H sebagai kelas eksperimen I dengan pembelajaran deep learnig dengan Game edukasi digital Deep learning, kelas X-J sebagai kelas eksperimen II dengan pembelajaran deep learnig, dan kelas X-I sebagai kelas kontrol pembelajaran konvensional. Instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (a) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen I dan II lebih baik daripada siswa di kelas kontrol; (b) Tidak adanya perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa perempuan dan laki-laki, baik itu dikelas eksperimen maupun kelas kontrol; (c) Terdapat perbedaan peningkatan Curiosity siswa pada pembelajaran matematika sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran Deep learning dengan Game edukasi digital Deep learning. Pembelajaran Deep learning membantu pendidik dan siswa mengkonstruksi konsep abstrak melalui media, menyelesaikan masalah non-rutin, serta mendorong aktivitas belajar tinggi, terutama bagi siswa dengan gaya belajar auditori, kinestetik, dan visual.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Curiosity; Deep learning; Pemahaman Konsep Matematis; Deep learning |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rahmadani Rahmadani Rahmadani |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:18 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 03:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |