Inayah, Julia (2025) Penggunaaan metode pembelajaran ceramah berbasis neurosemantic untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP KP Ciparay Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (399kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal menunjukan dari total 337 siswa kelas VIII, tercatat sekitar 49,6% siswa belum mencapai kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 75. Hal ini menunjukkan bahwa hampir separuh dari jumlah siswa belum berhasil memahami materi PAI secara optimal. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran PAI pun memperkuat temuan tersebut. Guru menyampaikan bahwa meskipun metode ceramah telah dikombinasikan dengan diskusi kelas, banyak siswa masih kesulitan memahami makna substansi dari materi ajar. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk (1) Untuk mengetahui hasil belajar sebelum menggunakan metode cermah berbasis neurosemantic terhadap nilai kognitif siswa dalam pembelajaran PAI. (2) Untuk mengetahui hasil belajar setelah menggunakan metode ceramah berbasis neurosemantik terhadap nilai kognitif siswa dalam pembelajaran PAI. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode ceramah berbasis neurosemantic. Penelitian ini memiliki dasar pada pemikiran bahwa metode ceramah berbasis neurosemantic ini merupakan salah satu model pembelajaran kogntif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah Ha penerapan metode ceramah berbasis neurosemantic terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Bentuk desain tersebut dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Proses pembelajaran dengan penggunaan metode ceramah berbasis neurosemantic terlaksana dengan sangat baik, dengan skor observasi guru rata-rata 86% pada kriteria “Sangat Baik”. (2) Hasil belajar siswa setelah perlakuan menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 75,88, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 67,12. Dengan demikian, nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. (3) Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen juga lebih signifikan dengan nilai N-Gain sebesar 0,8257 (kategori tinggi), dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai 0,2447 (kategori rendah). Uji hipotesis mendukung temuan ini, di mana hasil independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,037 < 0,05 dan uji paired sample t-test sebesar 0,011 < 0,05. Dengan demikian, secara empiris terbukti bahwa metode ceramah berbasis neurosemantic berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMP KP Ciparay.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Ceramah Neurosemantic; Hasil Belajar; PAI |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Adult Education > Geographic Treatment of Adult Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Julia Inayah |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:27 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 07:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |