Rahmani, Asni (2025) Desain pembelajaran terintegrasi etno-STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, and Mathematics) berbasis proyek pembuatan Chocodot (Cokelat Dodol) rendah kalori dalam meningkatkan literasi gizi dan kreativitas siswa pada materi gizi dan makanan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (808kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (981kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Literasi gizi di kalangan siswa masih tergolong rendah, ditandai dengan kurangnya pemahaman terhadap informasi gizi dan rendahnya kesadaran dalam memilih makanan sehat. Hal ini berdampak pada pola konsumsi yang tidak seimbang, termasuk tingginya asupan kalori dari camilan tidak sehat. Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain pembelajaran terintegrasi Etno-STREAM berbasis proyek pembuatan chocodot rendah kalori. Modul ini tidak hanya mengintegrasikan sains, teknologi, seni, matematika, rekayasa, dan nilai religius, tetapi juga mengangkat kearifan lokal Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model 4D, namun dibatasi hingga 3D (Define, Desain, dan Development). Partisipan penelitian meliputi ahli literasi gizi,, ahli perangkat pembelajaran, praktisi biologi, dan siswa kelas XI MIPA 1 35 orang sebagai kelas kontrol serta siswa kelas XI MIPA 2 35 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian terdiri atas lembar validasi ahli, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes pretest–posttest literasi gizi, rubrik kreativitas produk, dan angket refleksi. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sangat layak digunakan dengan skor 85%. Analisis data menggunakan uji gain menunjukkan peningkatan literasi gizi siswa secara signifikan, dengan nilai gain sebesar 0,76 (kategori tinggi). Pembelajaran berbasis proyek mendorong keterlibatan aktif siswa, meningkatkan pemahaman konsep gizi, dan menumbuhkan sikap kritis terhadap makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul ajar berbasis etno-STREAM mampu menjadi alternatif pembelajaran inovatif yang kontekstual, relevan dengan budaya lokal, dan efektif dalam meningkatkan literasi gizi dan keterampilan abad 21.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etno-STREAM; kreativitas; literasi gizi; pembelajaran proyek |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Asni Rahmani |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 08:08 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 00:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |