Pengelolaan Digital Public Relations melalui Tiktok (@kemensetneg.ri) sebagai media informasi kegiatan kabinet Republik Indonesia periode 2024 - 2029

Fitrania, Tristan Dinar (2025) Pengelolaan Digital Public Relations melalui Tiktok (@kemensetneg.ri) sebagai media informasi kegiatan kabinet Republik Indonesia periode 2024 - 2029. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_Cover (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (LEMBAR BEBAS PLAGIASI)
3_Lembar Bebas Plagiasi (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (BAB I)
5_Bab 1 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB II)
6_Bab 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB III)
7_Bab 3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text (BAB IV)
8_Bab 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan digital public relations melalui media sosial menjadi strategi yang diterapkan untuk memastikan informasi yang disampaikan kepada publik dikemas dengan baik agar citra yang telah dibangun tetap terjaga, terutama pada lembaga pemerintah, termasuk Kementerian Sekretariat Negara. Kementerian Sekretariat Negara merupakan lembaga pemerintah yang menyampaikan informasi mengenai program kerja yang dijalankan oleh Kabinet Merah Putih. Penyampaian informasi dan hubungan dengan pihak eksternal pada media sosial dikelola terlebih dahulu oleh Humas Kemensetneg guna setiap informasi yang diberikan tetap menjaga citra dan hubungan baik dengan pihak lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pengelolaan digital public relations yang dilakukan oleh Kementerian Sekretariat Negara melalui akun TikTok, dengan menggunakan teori 4C yang dikemukakan oleh Chris Heuer. Teori ini terdiri dari 4 elemen yaitu: context (konteks), communication (komunikasi), collaboration (kolaborasi), dan connection (koneksi). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kementerian Sekretariat Negara melakukan pengelolaan digital public relations melalui media sosial akun TikTok, dengan teori 4C meliputi: 1) Context (konteks) yang berfokus pada penentuan konten serta pemilihan kata dan bahasa,2) Communication (komunikasi)yang berfokus pada memberikan informasi melalui caption serta memantau dan menindaklanjuti isi kolom komentar, 3) Collaboration (kolaborasi) yang berfokus pada kerjasama dengan kementerian lain dan instansi pendidikan, 4) Connection (koneksi) yang berfokus pada mengadakan kuis berhadiah dan menjaga hubungan baik dengan kementerian lain. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media sosial yang dikelola dengan baik sebagai bentuk dari kegiatan digital public relations dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat dapat membangun citra positif pemerintah Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Digital Public Relations; Akun TikTok; Kementerian Sekretariat Negara;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Tristan Dinar Fitrania
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:19
Last Modified: 09 Sep 2025 03:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118090

Actions (login required)

View Item View Item