Pengaruh model kooperatif tipe Simultaneous Roundtable terhadap keterampilan menulis karangan siswa Madrasah Ibtidaiyah (Penelitian quasi eksperimen di kelas V MIS Muslimin Kota Bandung)

Syafitri, Nissa Maulidah (2025) Pengaruh model kooperatif tipe Simultaneous Roundtable terhadap keterampilan menulis karangan siswa Madrasah Ibtidaiyah (Penelitian quasi eksperimen di kelas V MIS Muslimin Kota Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER .pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Keterangan Bebas Plagiarisme)
Surat Keterangan Bebas Plagiasi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan siswa. Rendahnya kemampuan ini dikarenakan minimnya penguasaan kosakata, kurangnya latihan menulis, serta rendahnya motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan penerapan model pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model kooperatif tipe Simultaneous Roundtable. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterampilan menulis karangan siswa kelas V MIS Muslimin dengan menggunakan model kooperatif tipe Simultaneous Roundtable, (2) keterampilan menulis karangan siswa kelas V MIS Muslimin dengan menggunakan model Direct Instruction, (3) perbedaan rata-rata peningkatan keterampilan menulis karangan siswa kelas V MIS Muslimin antara yang menggunakan model kooperatif tipe Simultaneous Roundtable dengan siswa yang menggunakan model Direct Instruction. Model Simultaneous Roundtable merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa melalui kegiatan menulis secara bergilir untuk saling melengkapi dalam kelompok. Melalui kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan ide, meningkatkan kepercayaan diri, dan memperbaiki tulisan secara kolaboratif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V MIS Muslimin asli tahun ajaran 2024/2025. Sampel yang diambil adalah kelas V A dan kelas V B dengan mengunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan hipotesis terdapat perbedaan rata-rata peningkatan keterampilan menulis karangan siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Simultaneous Roundtable dan siswa yang menggunakan model Direct Instruction. Hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan menulis karangan siswa di kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan memperoleh nilai rata-rata pretest48,39 dan di kelas kontrol sebesar 47,92. Adapun keterampilan menulis karangan siswa di kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan memperoleh nilai rata-rata posttest 76,36 dan kelas kontrol sebesar 63,85. Peningkatan kedua kelas terlihat dari hasil uji N-Gain, kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,54 berada pada kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,30 berada pada kategori rendah. Setelah melakukan uji hipotesis t-test didapat bahwa nilai sig. (2-tailed) senilai <0,001 yang berarti <α=0,05 maka hipotesis diterima. Artinya terdapat perbedaan rata-rata peningkatan keterampilan menulis karangan siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Simultaneous Roundtable dengan siswa yang menggunakan model Direct Instruction

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif tipe Simultaneous Roundtable; Keterampilan Menulis Karangan; pembelajaran B.Indonesia
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nissa maulidah syafitri
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:23
Last Modified: 09 Sep 2025 04:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118277

Actions (login required)

View Item View Item