Baiti, Almi Sakinatul (2025) Pengaruh model pembelajaran Synectics Mind Maps Cooperative Learning (SM2CL) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_sk bebas plagiarisme.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (306kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif merupakan kemampuan penting dalam menghadapi tantangan dunia nyata, namun pembelajaran di kelas seringkali kurang memberikan ruang bagi pengembangan ide dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui model Synectics Mind Maps Cooperative Learning (SM2CL) pada materi ekosistem. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen, melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing 26 peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik, tes keterampilan berpikir kreatif dengan empat indikator (kelancaran, keluwesan, keterbaharuan, dan elaborasi), serta angket respon peserta didik terhadap pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik di kelas eksperimen mencapai 94% (kategori sangat baik), sedangkan kelas kontrol mencapai 92% (kategori sangat baik). Analisis keterampilan berpikir kreatif menunjukkan rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,65 (kategori sedang) dan kelas kontrol 0,44 (kategori sedang). Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai effect size 0,511 (kategori sedang), menandakan SM2CL berpengaruh cukup besar terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif. Respon peserta didik terhadap SM2CL tergolong sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa SM2CL baik diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPA, khususnya materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SM2CL; Keterampilan Berpikir Kreatif; Ekosistem; Pembelajaran Inovatif; |
Subjects: | Education, Research Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Almi Sakinatul Baiti |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:19 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |