Pengaruh model pembelajaran Synectics Mind Maps Cooperative Learning (SM2CL) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada materi ekosistem

Baiti, Almi Sakinatul (2025) Pengaruh model pembelajaran Synectics Mind Maps Cooperative Learning (SM2CL) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_sk bebas plagiarisme.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan kemampuan penting dalam menghadapi tantangan dunia nyata, namun pembelajaran di kelas seringkali kurang memberikan ruang bagi pengembangan ide dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui model Synectics Mind Maps Cooperative Learning (SM2CL) pada materi ekosistem. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen, melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing 26 peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik, tes keterampilan berpikir kreatif dengan empat indikator (kelancaran, keluwesan, keterbaharuan, dan elaborasi), serta angket respon peserta didik terhadap pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik di kelas eksperimen mencapai 94% (kategori sangat baik), sedangkan kelas kontrol mencapai 92% (kategori sangat baik). Analisis keterampilan berpikir kreatif menunjukkan rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,65 (kategori sedang) dan kelas kontrol 0,44 (kategori sedang). Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai effect size 0,511 (kategori sedang), menandakan SM2CL berpengaruh cukup besar terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif. Respon peserta didik terhadap SM2CL tergolong sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa SM2CL baik diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPA, khususnya materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: SM2CL; Keterampilan Berpikir Kreatif; Ekosistem; Pembelajaran Inovatif;
Subjects: Education, Research
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Almi Sakinatul Baiti
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:19
Last Modified: 09 Sep 2025 07:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118325

Actions (login required)

View Item View Item