Amalia, Nuranisa Dina (2025) Pengaruh model pembelajaran EMKONTAN untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (336kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan penting abad 21 yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran. Kemampuan ini masih tergolong rendah, khususnya pada materi pencemaran lingkungan, sehingga diperlukan model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran EMKONTAN terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan model EMKONTAN memperoleh persentase kinerja guru sebesar 97% dan aktivitas siswa sebesar 92%, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model PBL diperoleh persentase masing-masing sebesar 97% dan 88%, dengan kategori “sangat baik”. Kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pretest sebesar 46,98 menjadi 87,90 pada posttest, dengan N-Gain sebesar 0,78 (kategori tinggi). Pada kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,70 (kategori tinggi). Hasil uji hipotesis menggunakan Mann Whitney menunjukkan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,047 < 0,05, yang berarti H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hal ini diperkuat oleh nilai effect size sebesar 0,55 yang termasuk dalam kategori sedang. Respons siswa terhadap pembelajaran dengan model EMKONTAN berada pada kategori “sangat baik” dengan rata-rata sebesar 78%, sedangkan kelas kontrol sebesar 74% dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran EMKONTAN berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran EMKONTAN; Kemampuan Berpikir Kreatif; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Education, Research Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Environmental Protection Engineering |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nuranisa Dina Amalia |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 22:27 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118395 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |