Penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK MVP ARS Internasional Kota Bandung

Rahmawati, Nisa (2025) Penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK MVP ARS Internasional Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_lembarpernyataankaryasendiri.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X TKJ SMK MVP ARS International menjadi latar belakang penelitian ini. Siswa cenderung kurang mobile, kurang terlibat dalam proses pembelajaran, dan lebih suka melakukan aktivitas di luar pembelajaran seperti bermain di ponsel atau berbicara dengan teman. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui:1) penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X TKJ di SMK MVP ARS Internasional. 2) peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X TKJ di SMK MVP ARS Internasional pada mata pelajaran pembelajaran Pendidikan Agama Islam setelah penerapan strategi belajar berdiferensiasi. 3) apakah strategi pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X TKJ SMK MVP ARS Internasional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Secara teori, penelitian ini didasarkan pada konsep pembelajaran yang diferensiasi menurut Carol Ann Tomlinson yang menekankan pentingnya penyesuaian materi, metode pembelajaran, hasil belajar, dan lingkungan belajar sesuai dengan karakteristik siswa, serta teori kegiatan pembelajaran menurut Dimyati dan Mudjiono, Sudjana, dan Slameto yang mengungkapkan pentingnya fisik siswa, keterlibatan mental, dan emosional dalam pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode quasi-experiment menggunakan tipe Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi di kelas Eksperimen (X TKJ) berjalan dengan efektif, hal ini ditunjukan oleh peningkatan hasil observasi dari 76,92% (kategori baik) menjadi 90,76% (kategori sangat baik), dengan rata-rata 83,88% (kategori baik). 2) Aktivitas belajar siswa meningkat di kelas eksperimen, dengan Skor N-Gain Sebesar 0,589 (kategori sedang), dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai 0,212 (kategori rendah). Siswa kelas eksperimen juga lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. 3) Hasil uji Independent Sample t-Test menunjukkan pengaruh signifikan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa (sig. 0,000 < 0,05), mendukung efektivitas pendekatan yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran berdiferensiasi; Aktivitas Belajar; Pendidikan Agama Islam; SMK
Subjects: Islam
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nisa Rahmawati
Date Deposited: 12 Sep 2025 00:25
Last Modified: 12 Sep 2025 00:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118869

Actions (login required)

View Item View Item