Malik, Asma Zulfiah (2025) Augmented Reality sebagai media pembelajaran Juz Amma menggunakan Algoritma FAST Corner Detection. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (13MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) guna meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa terhadap Juz Amma. Berdasarkan survei yang telah dilakukan bahwa sangat sedikit aplikasi yang dapat digunakan sebagai media menghafal Juz Amma yang interaktif dan menarik bagi siswa. Dengan aplikasi Juz Amma ini diharapkan dapat menyediakan solusi belajar dan menghafal Juz Amma yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Dalam pengembangan aplikasi ini, digunakan Unity dan library Vuforia yang menggunakan algoritma Features from Accelerated Segment Test (FAST) untuk mengenali penanda visual marker. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahapan meliputi konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Pengujian aplikasi dilakukan dua tahap yaitu pengujian alpha dan pengujian beta. Pengujian alpha dilakukan untuk menguji dan mengukur fungsionalitas dari aplikasi sebelum didistribusikan kepada pengguna akhir. Pengujian beta dilakukan setelah responden menggunakan aplikasi juz amma. Teknik pengambilan data berbentuk kuesioner dan skala yang digunakan adalah Skala Likert. Berdasarkan pengujian yang dilakukan terhadap 30 responden di SMP Muhammadiyah 10 Bandung diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,89% yang berarti “Sangat Setuju” untuk menggunakan aplikasi Juz Amma ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality; AR; FAST Corner Detection; MDLC; Juz Amma |
Subjects: | Data Processing, Computer Science Special Computer Methods > Multimedia Systems Education Secondary Education Secondary Education > Lower Level Secondary School |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Asma Zulfiah Malik |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 04:17 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 04:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |