Pengaruh Return On Assets (ROA) dan BI Rate Terhadap Harga Saham pada Perusahaan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Indexs (JII) Periode 2007-2016

Ruminarasa, Sri Tesa (2018) Pengaruh Return On Assets (ROA) dan BI Rate Terhadap Harga Saham pada Perusahaan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Indexs (JII) Periode 2007-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi bagaimana dalam menjalankan kegiatannya, perusahaan tidak menyalurkan dananya kepada unsur-unsur yang tidak sesuai syariah, maka sejauh mana perusahaan mampu mempertahankan kinerjanya. Dalam penelitian ini, peneliti menjadikan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. sebagai objek penelitian. Berkembangnya BI Rate akan berpengaruh pada perekonomian yang berpengaruh pula pada pendapatan perusahaan. Peningkatan ini akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan sehingga Return On Assets (ROA) akan meningkat. Dalam hal ini kedua faktor mikroekonomi dan makroekonomi tersebut secara teori akan berpengaruh terhadap harga saham. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Harga Saham secara parsial, (2) menganalisa pengaruh BI Rate terhadap Harga Saham secara parsial, (3) menganalisa pengaruh Return On Assets (ROA) dan BI Rate terhadap Harga Saham pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. secara simultan. Kerangka berfikir dari penelitian ini adalah jika Return On Assets (ROA) naik, maka Harga Saham akan naik, begitupun sebaliknya. Adapun jika BI Rate naik maka Harga Saham akam mengalami penurunan, dan begitupun sebaliknya. Metode peneltian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan metode analisis uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan berganda, uji korelasi, analisis determinasi dan analisis uji t dan uji F. Data yang digunakan merupakan data yang diambil dari laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Untuk pengolahan data menggunakan program SPSS V.16 dan Microsoft Excel 2013 sebagai alat bantu. Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Harga Saham adalah 0,220 atau 22,01% dan pengaruh BI Rate terhadap Harga Saham adalah 0,464 atau 46,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Return On Assets (ROA) dan BI Rate sebesar 0,465 atau 46,5% berpengaruh terhadap Harga Saham, sedangkan sisanya 53,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung 4,74. Artinya, terdapat pengaruh dan kontribusi yang tidak signifikan antara Return On Assets (ROA) dan BI Rate terhadap Harga Saham secara simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets (ROA); BI Rate; Harga Saham;
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Accounting for Specific Phases of Business Activity
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Sri Tesa Ruminarasa
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:21
Last Modified: 30 Jul 2018 04:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11952

Actions (login required)

View Item View Item