Implementasi algoritma k-means untuk menentukan pola perilaku pembelian konsumen

Noor, Faiz Khoirurrizqi (2025) Implementasi algoritma k-means untuk menentukan pola perilaku pembelian konsumen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_SKPlagiarisme.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab 1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan data transaksi dalam dunia bisnis menuntut adanya pengolahan data yang tepat agar dapat menghasilkan informasi bernilai bagi pengambilan keputusan. Salah satu pendekatan yang efektif adalah segmentasi konsumen untuk memahami perbedaan perilaku pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma K-Means clustering dengan pendekatan RFM (Recency, Frequency, Monetary) sebagai dasar segmentasi konsumen. Proses penelitian dilakukan menggunakan metodologi CRISP-DM (Cross Industry Standard Process for Data Mining) yang mencakup tahapan business understanding, data understanding, data preparation, modeling, evaluation, hingga deployment secara konseptual. Untuk menentukan jumlah cluster yang optimal secara lebih objektif, digunakan kombinasi empat metrik evaluasi internal, yaitu Elbow Method, Silhouette Score, Davies-Bouldin Index (DBI), dan Calinski-Harabasz Score (CHS). Selanjutnya, kualitas cluster yang terbentuk divalidasi menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) guna memastikan perbedaan antar cluster signifikan secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah cluster optimal yang diperoleh adalah lima cluster (k=5). Pendekatan multi-metrik dengan CRISP-DM ini terbukti mampu meningkatkan objektivitas dalam penentuan jumlah cluster sekaligus menghasilkan profil konsumen dengan karakteristik perilaku berbeda yang dapat dijadikan dasar dalam perumusan strategi pemasaran perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: K-Means; Segmentasi Konsumen; RFM, CRISP-DM; Evaluasi Multi Metrik; Elbow Method, Silhouette Score, Davies-Bouldin Index; Calinski-Harabasz Score; ANOVA
Subjects: Data Processing, Computer Science
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Faiz Khoirurrizqi Noor
Date Deposited: 13 Sep 2025 04:09
Last Modified: 13 Sep 2025 04:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119642

Actions (login required)

View Item View Item