Pengaruh manajemen Zakat berbasis Digital terhadap minat masyarakat menjadi Donatur : Penelitian di Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (LAZ PERSIS)

Dzaki, Rais Muhammad (2025) Pengaruh manajemen Zakat berbasis Digital terhadap minat masyarakat menjadi Donatur : Penelitian di Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (LAZ PERSIS). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Digitalisasi pengelolaan zakat menjadi relevan di Indonesia untuk mengoptimalkan potensi zakat dalam mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, digitalisasi pengelolaan zakat menjadi krusial untuk meningkatkan akuntabilitas, efisiensi, dan kemudahan akses bagi muzaki. LAZ PERSIS telah mengadopsi sistem digital, termasuk salah satunya web "Laz Persis", dengan lima program utama yaitu Umat Peduli, Umat Pintar, Umat Mandiri, Umat Shaleh dan Umat Sehat sebagai upaya strategis dalam penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen zakat berbasis digital yang dilakukan di LAZ PERSIS serta mengukur dampak positif dan signifikan dari pengelolaan zakat berbasis digital terhadap minat masyarakat untuk menjadi donatur di LAZ PERSIS. Teori perilaku terencana (Ajzen, 1991), yang menjelaskan bagaimana sikap, standar subjektif, dan kendali perilaku yang dirasakan memengaruhi niat seseorang untuk berperilaku, menjadi landasan pada penelitian ini. Selain itu, landasan teoritis untuk memahami fenomena ini diberikan oleh definisi pengelolaan zakat berbasis digital oleh Alawi (2019), yang menekankan pemanfaatan teknologi untuk aksesibilitas dan transparansi. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Populasi penelitian adalah muzaki LAZ PERSIS pada tahun 2024, berjumlah 8.315 orang. Sampel sebanyak 100 responden dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus Slovin. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner daring (Google Form) dengan menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS, mencakup uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi (R²), dan uji-t. Manajemen zakat berbasis digital memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat masyarakat untuk berkontribusi sebagai donatur di Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (LAZ PERSIS). Implementasi yang baik dari manajemen zakat berbasis digital dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk berdonasi. Variabel manajemen zakat berbasis digital (X) mampu menjelaskan sebesar 26,4% meskipun manajemen zakat berbasis digital berkontribusi signifikan, terdapat banyak faktor lain yang juga mempengaruhi minat masyarakat untuk berdonasi. Penelitian ini mengindikasikan perlunya eksplorasi lebih lanjut terhadap faktor-faktor eksternal yang dapat memengaruhi keputusan masyarakat dalam beramal atau berdonasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi; donatur; LAZ Persis; manajemen zakat; minat masyarakat.
Subjects: Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Islam > Zakat
General Management > Organizations
Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rais Muhammad Dzaki
Date Deposited: 16 Sep 2025 06:39
Last Modified: 16 Sep 2025 06:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120069

Actions (login required)

View Item View Item