Nurfa, Jihan (2025) Penerapan media Flashcard untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia : Penelitian tindakan kelas siswa kelas II SDN Mekarsari Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak .pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (285kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan terhadap siswa kelas II SDN Mekarsari Cipunagara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan observasi awal yaitu sebanyak 50% siswa yang masih belum mencapai KKTP dikarenakan terdapat beberapa faktor diantaranya media pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik dengan menerapkan media pembelajaran flashcard. Dengan demikian dapat mendorong antusiasme peserta didik dalam pembelajaran, melatih daya ingat, serta merangsang kecerdasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method yaitu penelitian dengan memadukan antara data kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan berupa teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Jenis data yang digunakan berupa jenis data kualitatif dan jenis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil, 1) Kemampuan membaca awal siswa kelas II SDN Mekarsari sebelum penerapan media flashcard sangat rendah. Hal ini tercermin dari data awal yang menunjukkan bahwa nilai ratarata siswa yaitu 50,72. Ketuntasan belajar klasikal pun hanya mencapai 36% yang termasuk dalam kriteria kurang sekali. 2) Penerapan media flashcard berhasil dilaksanakan dengan baik sesuai prosedur yang direncanakan. Hasil aktivitas guru di setiap siklusnya termasuk dalam kategori sangat baik, pada siklus I memperoleh persentase 64%, siklus II meningkat menjadi 90%, dan pada siklus III mencapai persentase 90%. Adapun hasil rata-rata aktivitas peserta didik memperoleh nilai sebesar 65 (cukup) pada siklus I, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yang mencapai nilai sebesar 68 (berkualitas), dan memperoleh nilai 78 (berkualitas) pada siklus III. 3) Kemampuan membaca permulaan siswa setelah diterapkannya media flashcard nilai rata-rata siswa meningkat secara konsisten, dari 65 pada siklus I menjadi 78 pada siklus III. Lebih lanjut, persentase siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran juga meningkat secara signifikan, dari 50% pada siklus I menjadi 80% pada siklus III.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Use of Other Information Media Grammar, Sentences, Syntax, Word Order |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Jihan Nurfa |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 00:21 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 00:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |