Satriyo, Muhammad Zoel (2025) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis anime character berbantuan aplikasi lumio. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (216kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada materi statistika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis karakter anime berbantuan aplikasi Lumio, serta (2) menganalisis kelayakan dan kepraktisan dari media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari para ahli (materi dan media) untuk uji kelayakan, serta 22 siswa kelas XI dan seorang guru matematika untuk uji kepraktisan. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket respons berbasis UTAUT, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Petualangan Statistika berhasil dikembangkan melalui lima tahapan ADDIE. Berdasarkan penilaian para ahli, media dinyatakan Layak untuk digunakan setelah melalui revisi. Berdasarkan respons pengguna, media dinilai Sangat Praktis oleh siswa dan guru, terutama pada aspek kemenarikan visual dan kemudahan penggunaan. Disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar alternatif yang berpotensi meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran statistika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif; Karakter Anime; Lumio; Kelayakan Media; Kepraktisan Media; Statistika; Penelitian dan Pengembangan |
Subjects: | Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhammad Zoel Satriyo |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:04 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |