Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis anime character berbantuan aplikasi lumio

Satriyo, Muhammad Zoel (2025) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis anime character berbantuan aplikasi lumio. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada materi statistika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis karakter anime berbantuan aplikasi Lumio, serta (2) menganalisis kelayakan dan kepraktisan dari media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari para ahli (materi dan media) untuk uji kelayakan, serta 22 siswa kelas XI dan seorang guru matematika untuk uji kepraktisan. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket respons berbasis UTAUT, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Petualangan Statistika berhasil dikembangkan melalui lima tahapan ADDIE. Berdasarkan penilaian para ahli, media dinyatakan Layak untuk digunakan setelah melalui revisi. Berdasarkan respons pengguna, media dinilai Sangat Praktis oleh siswa dan guru, terutama pada aspek kemenarikan visual dan kemudahan penggunaan. Disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar alternatif yang berpotensi meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran statistika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif; Karakter Anime; Lumio; Kelayakan Media; Kepraktisan Media; Statistika; Penelitian dan Pengembangan
Subjects: Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Zoel Satriyo
Date Deposited: 16 Sep 2025 08:04
Last Modified: 16 Sep 2025 08:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120358

Actions (login required)

View Item View Item