Pengembangan E-module berbasis Discovery Learning dan berbantuan Appy Pie untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor

Aripidi, Sultan Ali (2025) Pengembangan E-module berbasis Discovery Learning dan berbantuan Appy Pie untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika disebabkan oleh dominasi metode ceramah, penggunaan bahan ajar yang tidak interaktif, minimnya penggunaan teknologi serta kecenderungan peserta didik untuk menghafal rumus tanpa memahami konsep. Hal ini berdampak pada kurangnya kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar, terutama pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan serta keterlaksanaan pembelajaran dengan E-Module berbasis Discovery Learning dan berbantuan Appy Pie untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan kerangka berpikir, media interaktif dan model pembelajaran berbasis penemuan diyakini dapat mendorong peserta didik berpikir logis, sistematis, dan mandiri. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, serta mengadaptasi model ADDIE. Sampel penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas XI MIPA-C SMAN 1 Majalaya. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, observasi keterlaksanaan, dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan melalui uji validitas Aiken’s V, analisis observasi, perhitungan N-Gain, serta uji normalitas dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Module layak dengan nilai validasi ahli sebesar 0,88, keterlaksanaan pembelajaran baik, yaitu 86% untuk guru dan 85% untuk peserta didik, serta nilai rata-rata untuk LKPD sebesar 89% dengan kategori ‘Baik Sekali’. Peningkatan keterampilan berpikir kritis tinggi dengan N-Gain 0,72 dan hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,001), sehingga Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan e-module tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ADDIE; Appy Pie; Discovery Learning; E-Module; Keterampilan Berpikir Kritis; Pembelajaran Fisika; Suhu dan Kalor
Subjects: Physics
Applied Physics
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: sultan ali ali
Date Deposited: 16 Sep 2025 07:39
Last Modified: 16 Sep 2025 07:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120412

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item