Aripidi, Sultan Ali (2025) Pengembangan E-module berbasis Discovery Learning dan berbantuan Appy Pie untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text
1_cover.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (429kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika disebabkan oleh dominasi metode ceramah, penggunaan bahan ajar yang tidak interaktif, minimnya penggunaan teknologi serta kecenderungan peserta didik untuk menghafal rumus tanpa memahami konsep. Hal ini berdampak pada kurangnya kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar, terutama pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan serta keterlaksanaan pembelajaran dengan E-Module berbasis Discovery Learning dan berbantuan Appy Pie untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan kerangka berpikir, media interaktif dan model pembelajaran berbasis penemuan diyakini dapat mendorong peserta didik berpikir logis, sistematis, dan mandiri. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, serta mengadaptasi model ADDIE. Sampel penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas XI MIPA-C SMAN 1 Majalaya. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, observasi keterlaksanaan, dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan melalui uji validitas Aiken’s V, analisis observasi, perhitungan N-Gain, serta uji normalitas dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Module layak dengan nilai validasi ahli sebesar 0,88, keterlaksanaan pembelajaran baik, yaitu 86% untuk guru dan 85% untuk peserta didik, serta nilai rata-rata untuk LKPD sebesar 89% dengan kategori ‘Baik Sekali’. Peningkatan keterampilan berpikir kritis tinggi dengan N-Gain 0,72 dan hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,001), sehingga Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan e-module tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE; Appy Pie; Discovery Learning; E-Module; Keterampilan Berpikir Kritis; Pembelajaran Fisika; Suhu dan Kalor |
Subjects: | Physics Applied Physics Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sultan ali ali |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 07:39 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 07:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120412 |
Available Versions of this Item
-
Pengembangan E-Module Berbasis Discovery Learning dan Berbantuan Appy Pie untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor. (deposited UNSPECIFIED)
- Pengembangan E-module berbasis Discovery Learning dan berbantuan Appy Pie untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor. (deposited 16 Sep 2025 07:39) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |