Alif, Muhamad Sultan Sofi (2025) Pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal menggunakan google sites untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (866kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi. Pengembangannya meliputi kelayakan bahan ajar berbasis kearifan lokal, keefektifan pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal dan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, metode penelitian Research and Development (R&D) tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini menghasilkan kelayakan bahan ajar berbasis kearifan lokal yang layak digunakan sebagai bahan ajar peserta didik berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli lapangan dengan persentase rata-rata 92,0% dan validasi V-Aiken sebesar 0,89 dengan kategori sangat layak; keefektifan pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal selama tiga pertemuan menggunakan AABTLT with SAS berlangsung secara efektif dengan persentase rata-rata 89,8%; dan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal mendapatkan nilai N-gain sebesar 0,76 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal menggunakan google sites.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar; Kearifan Lokal; Google sites; Hasil Belajar. |
Subjects: | Education, Research Culture and Institutions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sultan Alif |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:44 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |