Maulidiya, Putri (2025) Pembelajaran materi sistem gerak melalui model pembelajaran Group Investigation berbantu media Augmented Reality (AR) Assemblr Edu untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text
4_datar isi.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (355kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu keterampilan utama di era abad ke-21 adalah keterampilan berkolaborasi. Keterampilan kolaborasi menjadi dasar keberhasilan peserta didik dalam kehidupan individu maupun profesionalnya karena mencakup keterampilan abad-21 lainnya. Namun, pada kenyataannya keterampilan kolaborasi peserta didik masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang mampu mengasah dan meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik melalui model pembelajaran group investigation berbantu media AR Assesmblr Edu pada materi sistem gerak. Metode pada penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran aktivitas guru pada kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 94% dan kelas kontrol sebesar 93%, keduanya berkategori sangat baik. Keterlaksanaan pembelajaran aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 87% dan kelas kontrol sebesar 91%, keduanya berkategori sangat baik. Peningkatan keterampilan kolaborasi siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 2,3 dengan kategori tingkat dasar, dan nilai rata-rata posttest sebesar 3,6 dengan kategori tingkat tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 2,4 dengan kategori tingkat dasar dan nilai rata-rata posttest sebesar 3,2 dengan kategori tingkat terlatih. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbantu media AR Assemblr. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation berbantu media AR assesmblr edu mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada materi sistem gerak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan kolaborasi; group investigation; media AR Assemblr edu; sistem gerak |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Maulidiya |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 05:36 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 05:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |