Meilani, Anggi Sintia (2025) Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (300kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik pada pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model RADEC terhadap keterampilan proses sains pada materi ekosistem. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Penelitian dilakukan di salah satu SMP di Kabupaten Purwakarta dengan sampel penelitian terdiri dari 34 peserta didik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran RADEC memperoleh nilai persentase sebesar 98,7% pada aktivitas guru dan 98% pada aktivitas siswa. Peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,51 (sedang) dan 0,39 (sedang), serta ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi pada uji T sebesar 0,023 < 0,05 (H1 diterima), dan berdasarkan uji effect size memperoleh angka 0,57 (sedang). Respon siswa terhadap pembelajaran tergolong baik dengan rata-rata keseluruhan 82%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran RADEC berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem; Keterampilan Proses Sains; RADEC |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Anggi Sintia Meilani |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:08 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |