Andriani, Fitria (2025) Penerapan model Quantum Teaching berbantuan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER BARU.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN LULUS PLAGIASI)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Fitria Andriani.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (493kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Studi pendahuluan di MI Najmul Falah menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang belum melibatkan siswa secara aktif dan minimnya media pendukung yang menarik. Akibatnya, siswa kurang antusias, pasif, dan kesulitan memahami materi. Padahal, pembelajaran IPA seharusnya mendorong siswa untuk berpikir analitis dan mengaitkan konsep dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum penerapan model Quantum Teaching berbantuan media Audio Visual, (2) menggambarkan proses penerapannya, dan (3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah tindakan. Model Quantum Teaching dipilih karena mampu mengoptimalkan keterlibatan emosional, kognitif, dan sosial siswa melalui pendekatan TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan). Hipotesis tindakan yang diajukan adalah bahwa penerapan model Quantum Teaching berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan tiga siklus. Subjek penelitian sebanyak 14 siswa kelas IV MI Najmul Falah. Observasi menunjukkan bahwa guru dan siswa mengalami peningkatan kualitas interaksi, keterlibatan, dan antusiasme dari siklus ke siklus.Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes tertulis, dokumentasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua tindakan yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus ke siklus. Pada pra-siklus, rata-rata nilai siswa adalah 44,00 dengan ketuntasan klasikal 14,28% (kategori sangat kurang). Setelah diterapkan model Quantum Teaching, rata-rata nilai meningkat menjadi 57,71 (siklus I), 70,29 (siklus II), dan 78,43 (siklus III), dengan ketuntasan akhir mencapai 71,42% (kategori baik). Meskipun belum mencapai target ≥80%, pencapaian ini dinilai cukup optimal mengingat keterbatasan waktu dan materi yang telah berada di bab akhir. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching berbantuan media Audio Visual efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta mendorong terciptanya proses pembelajaran yang interaktif dan konstruktif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum Teaching; media Audio Visual; kemampuan berpikir kritis; IPA; sekolah dasar |
Subjects: | Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fitria Andriani |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 03:36 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 03:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |