Penerapan model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan strategi AABTLT with SAS untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi energi terbarukan

Maryati, Ai (2025) Penerapan model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan strategi AABTLT with SAS untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi energi terbarukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan strategi AABTLT with SAS dan peningkatkan literasi sains peserta didik pada materi energi terbarukan setelah diterapkan model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ). Metode penelitian menggunakan quasi-experimental dengan desain one group pretest-posttest pada peserta didik kelas X-1 SMA Bina Dharma 2 Bandung. Instrumen yang digunakan meliputi tes literasi sains berbasis kompetensi PISA 2022 dan SAS sebagai perangkat pembelajaran sekaligus penilaian autentik. Analisis data dilakukan melalui dua tahap, yaitu mengukur keterlaksanaan pembelajaran dari skor SAS yang dinilai menggunakan rubrik skala 0–4, serta mengukur kemampuan literasi sains melalui tes awal dan akhir berbentuk pilihan ganda. Peningkatan kemampuan dihitung menggunakan N-gain dan uji Wilcoxon Signed Rank Test karena data tidak berdistribusi normal. Keterlaksanaan pembelajaran berlangsung sangat efektif dengan presentase rata-rata 88%. Peningkatan literasi sains peserta didik berada dalam kategori tinggi dengan nilai N-gain sebesar 0,81. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 yang menunjukkan adanya Terdapat perbedaan yang siginifikan antara hasil tes kemampuan literasi sains pada data pretest dan posttest. Dengan demikian, penerapan model Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan strategi Authentic Assessment Based on Teaching and Learning Trajectory (AABTLT) berbasis Student Activity Sheet (SAS) efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Thinking Empowerment by Questioning; AABTLT; SAS; literasi sains; energi terbarukan;
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ai maryati Ai Maryati
Date Deposited: 20 Sep 2025 02:12
Last Modified: 20 Sep 2025 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120956

Actions (login required)

View Item View Item