Maryati, Ai (2025) Penerapan model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan strategi AABTLT with SAS untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi energi terbarukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (503kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan strategi AABTLT with SAS dan peningkatkan literasi sains peserta didik pada materi energi terbarukan setelah diterapkan model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ). Metode penelitian menggunakan quasi-experimental dengan desain one group pretest-posttest pada peserta didik kelas X-1 SMA Bina Dharma 2 Bandung. Instrumen yang digunakan meliputi tes literasi sains berbasis kompetensi PISA 2022 dan SAS sebagai perangkat pembelajaran sekaligus penilaian autentik. Analisis data dilakukan melalui dua tahap, yaitu mengukur keterlaksanaan pembelajaran dari skor SAS yang dinilai menggunakan rubrik skala 0–4, serta mengukur kemampuan literasi sains melalui tes awal dan akhir berbentuk pilihan ganda. Peningkatan kemampuan dihitung menggunakan N-gain dan uji Wilcoxon Signed Rank Test karena data tidak berdistribusi normal. Keterlaksanaan pembelajaran berlangsung sangat efektif dengan presentase rata-rata 88%. Peningkatan literasi sains peserta didik berada dalam kategori tinggi dengan nilai N-gain sebesar 0,81. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 yang menunjukkan adanya Terdapat perbedaan yang siginifikan antara hasil tes kemampuan literasi sains pada data pretest dan posttest. Dengan demikian, penerapan model Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan strategi Authentic Assessment Based on Teaching and Learning Trajectory (AABTLT) berbasis Student Activity Sheet (SAS) efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Thinking Empowerment by Questioning; AABTLT; SAS; literasi sains; energi terbarukan; |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ai maryati Ai Maryati |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 02:12 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 02:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120956 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |