Mahottama, Kartika (2025) Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu Renderforest terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (497kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif merupakan bagian dari learning skills dalam menghadapi tantangan global. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PjBL berbantu Renderforest terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian dengan metode quasi experiment dan desain non-equivalent control group, melibatkan 35 siswa pada kelas eksperimen dan 35 siswa pada kelas kontrol yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, soal uraian dengan indikator keterampilan berpikir kreatif yaitu berpikir lancar (fluency), berpikir luwes (flexibility), berpikir elaborasi (elaboration), berpikir orisinil (originality), dan berpikir abstrak (abstractness), asesmen kinerja produk, dan refleksi siswa. Hasil menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen pada aktivitas guru dan siswa mencapai 96,4% dan 91,03%, sedangkan kelas kontrol sebesar 93,4% dan 87,8%, keduanya dalam kategori sangat baik. Nilai posttest keterampilan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen sebesar 84,29 dengan N-gain 0,71 (tinggi) dan indikator tertinggi yaitu berpikir elaborasi (0,74) serta indikator terendah yaitu berpikir luwes (0,69), sedangkan di kelas kontrol sebesar 78,91 dengan N-gain 0,65 (sedang) dan indikator tertinggi yaitu berpikir abstrak (0,69) serta indikator terendah yaitu berpikir elaborasi (0,59). Uji Mann Whitney menunjukkan (sig. <0,001 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Penilaian produk berada pada kategori baik dengan rata-rata 83,3. Refleksi siswa menunjukkan indikator Fact (68,6%), Filling (54,3%), Finding (57,1%) pada kategori sangat baik, indikator Future (45,7%) pada kategori baik. Pembelajaran dengan model PjBL berbantu Renderforest dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif serta menjadi alternatif strategi pembelajaran abad 21.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kreatif; Perubahan lingkungan; Project Based Learning; Renderforest. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Secondary Education > Upper Level Secondary School Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Kartika Mahottama |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 01:55 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 01:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121016 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |