Desain PjBL terintegrasi STREM pada materi unsur, senyawa, dan campuran melalui pembuatan produk kosmetik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi halal peserta didik SMP

Rahmawati, Rika (2025) Desain PjBL terintegrasi STREM pada materi unsur, senyawa, dan campuran melalui pembuatan produk kosmetik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi halal peserta didik SMP. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Rika_Tesis Cover.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Rika_Tesis Abstrak.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (KETERANGAN PLAGIARISME)
Keterangan Plagiarisme.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Rika_Tesis Daftar Isi.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Rika_Tesis BAB I.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Rika_Tesis BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text (BAB III)
Rika_Tesis BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text (BAB IV)
Rika_Tesis BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Rika_Tesis BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Rika_Tesis DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Rika_Tesis LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis dan minimnya pemahaman literasi halal dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) yang terintegrasi STREM (Science, Technology, Religion, Engineering, and Mathematics) dalam konteks pembuatan produk kosmetik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi halal peserta didik SMP. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP Plus Al-Amanah Kabupaten Bandung. Desain pembelajaran terdiri atas enam sintak PjBL yang terintegrasi STREM dalam tiga proyek, yaitu pembuatan label kemasan, produk kosmetik, dan poster edukasi halal. Instrumen penelitian divalidasi oleh ahli dan digunakan untuk mengukur kelayakan desain pembelajaran, keterlaksanaan, peningkatan keterampilan berpikir kritis dan literasi halal, serta perbedaannya sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan instrumen pembelajaran PjBL-STREM memiliki tingkat kelayakan sangat baik (92,5%) dan keterlaksanaan efektif (78%). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan literasi halal berada pada kategori sedang dengan nilai n-gain masing-masing 0,38 dan 0,47. Uji statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran proyek; STREM; keterampilan berpikir kritis; literasi halal
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: rika rahma
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:28
Last Modified: 22 Sep 2025 04:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121019

Actions (login required)

View Item View Item