Rahmawati, Rika (2025) Desain PjBL terintegrasi STREM pada materi unsur, senyawa, dan campuran melalui pembuatan produk kosmetik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi halal peserta didik SMP. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Rika_Tesis Cover.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Rika_Tesis Abstrak.pdf Download (631kB) | Preview |
|
![]() |
Text (KETERANGAN PLAGIARISME)
Keterangan Plagiarisme.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Rika_Tesis Daftar Isi.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Rika_Tesis BAB I.pdf Download (635kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Rika_Tesis BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
Rika_Tesis BAB III (1).pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Rika_Tesis BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
Rika_Tesis BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Rika_Tesis DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Rika_Tesis LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilandasi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis dan minimnya pemahaman literasi halal dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan desain pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) yang terintegrasi STREM (Science, Technology, Religion, Engineering, and Mathematics) dalam konteks pembuatan produk kosmetik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi halal peserta didik SMP. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP Plus Al-Amanah Kabupaten Bandung. Desain pembelajaran terdiri atas enam sintak PjBL yang terintegrasi STREM dalam tiga proyek, yaitu pembuatan label kemasan, produk kosmetik, dan poster edukasi halal. Instrumen penelitian divalidasi oleh ahli dan digunakan untuk mengukur kelayakan desain pembelajaran, keterlaksanaan, peningkatan keterampilan berpikir kritis dan literasi halal, serta perbedaannya sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan instrumen pembelajaran PjBL-STREM memiliki tingkat kelayakan sangat baik (92,5%) dan keterlaksanaan efektif (78%). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan literasi halal berada pada kategori sedang dengan nilai n-gain masing-masing 0,38 dan 0,47. Uji statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran proyek; STREM; keterampilan berpikir kritis; literasi halal |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | rika rahma |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 04:28 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 04:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |