Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan Literasi Sains kelas V MI Al Misbah

Khoiri, Muhammad Fauzan (2025) Penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan Literasi Sains kelas V MI Al Misbah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-Muhammad Fauzan Khoiri (1).pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Literasi Sains beberapa peserta didik. Alternatif pembelajaran terhadap rendahnya kemampuan Literasi Sains peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas yang menggunakan model Direct Instruction. 2). Mengetahui kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan model Project Based Learning. 3). Mengetahui rata-rata Pengaruh model Peoject based lerning dalam meningkatkan literasi sains peserta didik di kelas V MI l Misbah. literasi sains dapat diartikan sebagai melek sains dalam hal konsep hingga pengaplikasiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Metode yang peneliti gunakan adalah kuasi eksperimen, atau eksperimen semu, dan menggunakan desain Control Group Pre-test Post-test Nonequivalent. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Al Misbah tahun pelajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel penelitian karena seluruh populasi ditetapkan sebagai subjek penelitian yang berjumlah 58 orang. Teknik mengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan independent t-test dengan taraf signifikasi 5% dengan hipotesis perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan Literasi Sains peserta didik MI yang menggunakan model Project Based Learning lebih baik dari peserta didik yang menggunakan model Direct Instruction. Hasil penelitian diperoleh bahwa: kemampuan Literasi Sains peserta didik setelah mengikuti model Project Based Learning mengalami peningkatan sebesar 0,4512 dengan kategori sedang. Kemampuan literasi sains peserta didik setelah menggunakan model Direct Instruction memperoleh peningkatan sebesar 0,061 dengan kategori rendah. Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan uji t-independent. Hasilnya menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dibagi dua yaitu 0,000. Hal ini berarti 0,000 < 0,05 hipotesis diterima dan perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan Literasi Sains peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang belajar menggunakan model Direct Instruction

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: literasi sains; model belajar
Subjects: Science and Religion
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: muhammad fauzan khoiri
Date Deposited: 21 Sep 2025 22:35
Last Modified: 21 Sep 2025 22:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121040

Actions (login required)

View Item View Item