Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi sistem pertahanan tubuh

Qodariah, Putri Zahra (2025) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi sistem pertahanan tubuh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 menuntut setiap individu memiliki keterampilan abad ke-21, salah satunya berpikir kritis. Keterampilan ini penting diterapkan pada materi sistem pertahanan tubuh yang bersifat kompleks dan abstrak. Namun, siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menyimpulkan informasi, dan menyusun strategi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil menunjukkan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen diperoleh nilai posttest sebesar 84,89 dengan peningkatan (N-Gain) 0,70 “sedang”, sedangkan pada kelas kontrol nilai posttest diperoleh sebesar 78,22 dengan peningkatan (N-Gain) 0,55 “Sedang”. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan signifikansi 0,000 (< 0,05), maka H_O ditolak dan H_1 diterima dan effect size sebesar 1,23 kategori “sangat besar”. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe AIR berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; Model Kooperatif tipe AIR; Sistem Pertahanan Tubuh.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Zahra Qodariah
Date Deposited: 20 Sep 2025 04:41
Last Modified: 20 Sep 2025 04:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121065

Actions (login required)

View Item View Item