Lutfia, Lala (2025) Pengaruh model pembelajaran Generative Learning berbantu media Flipbook terhadap peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (509kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik menguasai keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills) untuk menghadapi pesatnya perkembangan teknologi. Namun, keterampilan tersebut seringkali belum optimal karena terbatas pada model pembelajaran yang digunakan, sehingga diperlukan inovasi dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model Generative Learning berbantuan media Flipbook terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group dan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir tingkat tinggi, lembar observasi, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru sebesar 95% dan aktivitas siswa 94% dengan kategori sangat baik, serta respon siswa 79% dengan kategori kuat. Nilai rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,65, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 74,70. Uji hipotesis menghasilkan nilai Sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05. Dengan demikian, model Generative Learning berbantuan media Flipbook terbukti berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generative Learning; keterampilan berpikir tingkat tinggi; pencemaran lingkungan |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lala Lutfia |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 04:59 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 04:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |