Desain pembelajaran berbasis proyek Microgreens terintegrasi E-STREAM (Environmental, Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, Mathematics) untuk meningkatkan Literasi Sains dan Kreativitas siswa

Rahmah, Desi Sity (2025) Desain pembelajaran berbasis proyek Microgreens terintegrasi E-STREAM (Environmental, Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, Mathematics) untuk meningkatkan Literasi Sains dan Kreativitas siswa. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover - Copy.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skplagiarisme - Copy.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya literasi sains siswa menjadi tantangan dalam pembelajaran biologi di sekolah. Pembelajaran yang bersifat teoritis, minim praktik, dan tidak mengaitkan kehidupan nyata menyebabkan siswa kesulitan memahami konsep ilmiah secara utuh. Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran berbasis proyek microgreens terintegrasi E-STREAM dalam meningkatkan literasi sains dan kreativitas siswa. Literasi sains yang dikembangkan mencakup enam kompetensi, yaitu: menjelaskan fenomena ilmiah; merancang, mengevaluasi, dan menginterpretasikan penyelidikan ilmiah; menggunakan informasi ilmiah dalam pegambilan keputusan; memahami dampak interaksi manusia dengan sistem Bumi; bertindak sistematis untuk keberlanjutan; dan menghargai perspektif dalam menyikapi krisis sosio-ekologis. Sedangkan kreativitas siswa diukur melalui tiga dimensi yaitu novelty, resolution, dan elaboration. Metode penelitian menggunakan R&D model 3D (Define, Design, Develop). Hasil validasi perangkat menunjukkan kategori sangat valid (Aiken’s V > 0,95) dan keterlaksanaan pembelajaran 93,3%. N-Gain literasi sains tertinggi pada kelas eksperimen sebesar 0,74 pada kompetensi keempat dan terendah 0,60 pada kompetensi kedua. Rata-rata level kreativitas siswa pada kelas eksperimen sebesar 83% (expressing). Refleksi siswa menunjukkan capaian fact 87%, feeling 91%, finding 95%, dan future 99% (kategori sangat baik). Melalui pendekatan ini, siswa mampu memahami konsep ilmiah secara kontekstual, mengembangkan keterampilan berpikir ilmiah dan lintas disiplin, serta menunjukkan sikap religi dan peduli lingkungan, sejalan dengan pembentukan profil pelajar abad 21.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-STREAM; kreativitas; literasi sains; microgreens; PjBL.
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Desi Sity Rahmah
Date Deposited: 20 Sep 2025 04:30
Last Modified: 20 Sep 2025 04:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121160

Actions (login required)

View Item View Item