Upaya meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran ELPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol, Application)

Hanifah, Dini (2025) Upaya meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran ELPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol, Application). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERNYATAAN)
3_Pernyataan Karya Sendiri.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang adanya penelitian ini dikarenakan terdapat penemuan mengenai rendahnya kemampuan literasi matematika siswa kelas III. Dari 30 siswa, terdapat 23 siswa yang belum mencapai KKTP dan 7 siswa telah mencapai KKTP. Beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan literasi matematika diantaranya adalah model pembelajaran yang diterapkan kurang efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika diantaranya adalah model pembelajaran ELPPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol, Application). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan literasi matematis siswa kelas 3 sebelum diterapkan model pembelajaran ELPSA, (2) proses pembelajaran di MI kelas 3 ketika menggunakan model ELPSA setiap siklusnya, (3) kemampuan literasi matematis siswa kelas 3 pada setiap siklus dan seluruh siklus setelah diterapkannya model ELPSA Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus dan melibatkan melibatkan 30 subjek siswa kelas tiga. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pra siklus memperoleh ketuntasan klasikal 23% dan nilai rata-ratanya adalah 55. Aktivitas guru dan siswa selama tiga siklus mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru siklus I sebesar 91%, siklus II sebesar 73% dan siklus III sebesar 100%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dengan hasil siklus I sebesar 91%, siklus II sebesar 79% dan siklus III sebesar 94%. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 53% dengan rata-rata 63. Kemudian siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 63% dengan rata-rata 75. Pada siklus III diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 80% sedangkan nilai rata-rata sebesar 78. Dan seluruh siklus diperoleh ketuntasan klasikalnya sebesar 67% dengan nilai rata-rata 74.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika ModelPembelajaran ELPSA
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dini Hanifah
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:10
Last Modified: 24 Sep 2025 08:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121302

Actions (login required)

View Item View Item