Hanifah, Dini (2025) Upaya meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran ELPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol, Application). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (PERNYATAAN)
3_Pernyataan Karya Sendiri.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (177kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang adanya penelitian ini dikarenakan terdapat penemuan mengenai rendahnya kemampuan literasi matematika siswa kelas III. Dari 30 siswa, terdapat 23 siswa yang belum mencapai KKTP dan 7 siswa telah mencapai KKTP. Beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan literasi matematika diantaranya adalah model pembelajaran yang diterapkan kurang efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika diantaranya adalah model pembelajaran ELPPSA (Experience, Language, Pictorial, Symbol, Application). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan literasi matematis siswa kelas 3 sebelum diterapkan model pembelajaran ELPSA, (2) proses pembelajaran di MI kelas 3 ketika menggunakan model ELPSA setiap siklusnya, (3) kemampuan literasi matematis siswa kelas 3 pada setiap siklus dan seluruh siklus setelah diterapkannya model ELPSA Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus dan melibatkan melibatkan 30 subjek siswa kelas tiga. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pra siklus memperoleh ketuntasan klasikal 23% dan nilai rata-ratanya adalah 55. Aktivitas guru dan siswa selama tiga siklus mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru siklus I sebesar 91%, siklus II sebesar 73% dan siklus III sebesar 100%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dengan hasil siklus I sebesar 91%, siklus II sebesar 79% dan siklus III sebesar 94%. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 53% dengan rata-rata 63. Kemudian siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 63% dengan rata-rata 75. Pada siklus III diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 80% sedangkan nilai rata-rata sebesar 78. Dan seluruh siklus diperoleh ketuntasan klasikalnya sebesar 67% dengan nilai rata-rata 74.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Matematika ModelPembelajaran ELPSA |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Elementary School Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dini Hanifah |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 08:10 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 08:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |