Pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan Lip Balm Stroberi (Fragaria × ananassa) dan Kefir untuk meningkatkan Scientific Explanation siswa

Syafrina, Dita Dwi (2025) Pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan Lip Balm Stroberi (Fragaria × ananassa) dan Kefir untuk meningkatkan Scientific Explanation siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan scientific explanation siswa dalam memahami konsep kimia secara mendalam dan aplikatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja proyek, menganalisis peningkatan kemampuan scientific explanation siswa, dan mengevaluasi karakteristik lip balm berbahan stroberi (Fragaria x ananassa) dan whey kefir yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMK di program keahlian farmasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai aktivitas siswa pada lembar kerja proyek meningkat secara signifikan, dengan capaian nilai scientific explanation dari pretest sebesar 35,2 menjadi 89,82 pada posttest. Peningkatan ini tercermin dalam nilai N-gain sebesar 0,833 dengan kategori tinggi. Selain itu, karakteristik lip balm yang dihasilkan menunjukkan kualitas yang baik dari aspek organoleptik, pH, homogenitas, daya oles, dan stabilitas. Hasil ini membuktikan bahwa pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan lip balm stroberi dan whey kefir mampu meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa serta memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan aplikatif, serta relevan dengan keterampilan abad ke-21.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: lip balm; pembelajaran berbasis proyek; scientific explanation; stroberi; whey kefir
Subjects: Education
Elementary Education > Science for Elementary Education
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dita Dwi Syafrina
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:52
Last Modified: 22 Sep 2025 03:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121411

Actions (login required)

View Item View Item