Syafrina, Dita Dwi (2025) Pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan Lip Balm Stroberi (Fragaria × ananassa) dan Kefir untuk meningkatkan Scientific Explanation siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (196kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarisi.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan scientific explanation siswa dalam memahami konsep kimia secara mendalam dan aplikatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja proyek, menganalisis peningkatan kemampuan scientific explanation siswa, dan mengevaluasi karakteristik lip balm berbahan stroberi (Fragaria x ananassa) dan whey kefir yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMK di program keahlian farmasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai aktivitas siswa pada lembar kerja proyek meningkat secara signifikan, dengan capaian nilai scientific explanation dari pretest sebesar 35,2 menjadi 89,82 pada posttest. Peningkatan ini tercermin dalam nilai N-gain sebesar 0,833 dengan kategori tinggi. Selain itu, karakteristik lip balm yang dihasilkan menunjukkan kualitas yang baik dari aspek organoleptik, pH, homogenitas, daya oles, dan stabilitas. Hasil ini membuktikan bahwa pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan lip balm stroberi dan whey kefir mampu meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa serta memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan aplikatif, serta relevan dengan keterampilan abad ke-21.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lip balm; pembelajaran berbasis proyek; scientific explanation; stroberi; whey kefir |
Subjects: | Education Elementary Education > Science for Elementary Education Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry Chemistry and Allied Science > Chemists |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Dita Dwi Syafrina |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 01:52 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |