Imani, Annisa Chaya (2025) Motivasi belajar dan Self Regulated Learning sebagai prediktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (319kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan masalah yang sering dialami mahasiswa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran motivasi belajar dan self-regulated learning sebagai prediktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan regresi linear berganda terhadap 352 mahasiswa penyusun skripsi. Instrumen yang digunakan yaitu Academic Motivation Scale (AMS), skala Self-Regulated Learning, dan Multidimensional Academic Procrastination Scale (MAPS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan motivasi belajar tidak berperan signifikan dalam memprediksi prokrastinasi akademik. Namun, melalui analisis parsial yang menilai setiap dimensi secara terpisah, ditemukan bahwa motivasi intrinsik berperan sebagai prediktor prokrastinasi akademik (p = 0,041). Selain itu, self-regulated learning berperan secara signifikan sebagai prediktor (p = 0,001). Secara simultan, motivasi belajar dan self-regulated learning berkontribusi sebesar 83,7% terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prokrastinasi akademik; motivasi belajar; self-regulated learning; mahasiswa |
Subjects: | Psychology Psychology > Philosophy and Theory of Psychology Psychology > General Publications of Psychology Psychology > Education of Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Annisa Chaya Imani |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:05 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |