Motivasi belajar dan Self Regulated Learning sebagai prediktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Imani, Annisa Chaya (2025) Motivasi belajar dan Self Regulated Learning sebagai prediktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB) | Request a copy

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan masalah yang sering dialami mahasiswa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran motivasi belajar dan self-regulated learning sebagai prediktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan regresi linear berganda terhadap 352 mahasiswa penyusun skripsi. Instrumen yang digunakan yaitu Academic Motivation Scale (AMS), skala Self-Regulated Learning, dan Multidimensional Academic Procrastination Scale (MAPS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan motivasi belajar tidak berperan signifikan dalam memprediksi prokrastinasi akademik. Namun, melalui analisis parsial yang menilai setiap dimensi secara terpisah, ditemukan bahwa motivasi intrinsik berperan sebagai prediktor prokrastinasi akademik (p = 0,041). Selain itu, self-regulated learning berperan secara signifikan sebagai prediktor (p = 0,001). Secara simultan, motivasi belajar dan self-regulated learning berkontribusi sebesar 83,7% terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: prokrastinasi akademik; motivasi belajar; self-regulated learning; mahasiswa
Subjects: Psychology
Psychology > Philosophy and Theory of Psychology
Psychology > General Publications of Psychology
Psychology > Education of Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Annisa Chaya Imani
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:05
Last Modified: 23 Sep 2025 01:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121548

Actions (login required)

View Item View Item